alexametrics

Polisi Kantongi Indentitas Pelaku Hoax Gempa Lebak

loading...
Polisi Kantongi Indentitas Pelaku Hoax Gempa Lebak
Polda Banten memberi keterangan terkait pelaku penyebaran informasi hoax gempa susulan di Kabupaten Lebak. Foto/Rasyid Ridho
A+ A-
SERANG - Setelah melakukan penyelidikan, Polda Banten akhirnya mengetahui identitas pelaku penyebaran informasi hoax terkait akan adanya gempa susulan di Kabupaten Lebak.

"Soal hoax, kita sudah memperoleh identitas pelaku. Dalam waktu dekat akan kita ambil langkah-langkah," kata Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan, Rabu (31/1/2018).

Direktur Kriminal Khusus Polda Banten Kombes Pol Abdul Karim mengungkapkan, pihaknya sudah memintai keterangan dari empat orang saksi yakni P, S, PM, BK yang diketahui memviralkan informasi hoax tersebut.



"Indikasi ada 4 orang, yang memviralkan sudah lakukan pendalaman, dan sekarang kita kembangkan niatnya, siapa dengan sengaja melakukan upaya membikin suasana gaduh," kata Abdul Karim.

Berdasarkan pemeriksaan, penyebaran informasi hoax itu diketahui melalui 3 grup WhatsApp. Kemudian disebar oleh salah satu saksi dan diviralkan di media sosial Instagram.

Sementara itu, BMKG Serang sudah menyatakan bahwa surat yang diedit merupakan surat resmi tentang tinggi gelombang dan cuaca yang dikeluarkan intitusinya yang dikirim secara rutin kepada orang dan kalangan tertentu.

"Jadi surat itu tidak tersebar secara umum, terbatas. Nah, siapa yang memanfaatkan surat ini, masih kita kembangkan," ujarnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak