Ajak Pemuda Peduli Bencana, Kemenpora: Harus Siap dalam Situasi Apapun

Kamis, 14 Desember 2023 - 20:23 WIB
loading...
Ajak Pemuda Peduli Bencana, Kemenpora: Harus Siap dalam Situasi Apapun
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar acara Talkshow Untuk Pemimpin Muda dengan tajuk Gerak Bersama, Tangguh Bencana di Wisma Kemenpora, Kamis (14/12/2023) / Foto: Kemenpora
A A A
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ( Kemenpora RI) menggelar acara Talkshow Untuk Pemimpin Muda dengan tajuk "Gerak Bersama, Tangguh Bencana" di Wisma Kemenpora, Kamis (14/12/2023). Talkshow tersebut salah satu rangkaian kegiatan Rembug Pemuda.

Talkshow tersebut menghadirkan narasumber Humanitarian Affairs Analyst at UN OCHA Titi Moektijasih, Community Engagement Coordinator Indorelawan Shendy Ristandi dan Kepala Sub Direktorat Standardisasi Tata Operasional dan Sumber Daya Manajemen Penanggulangan Kebakaran, Kemendagri Danang Insita Putra. Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda Kemenpora Mulyani Sri Suhartuti dalam sambutannya mengatakan pemilihan tema ini sangat penting karena sebagai pemuda harus memiliki kesadaran terhadap bahaya bencana.

"Dengan posisi Indonesia yang berada di antara dua Benua dan dua Samudra serta berada dalam pertemuan dari 3 lempeng dunia maka potensi terjadinya bencana sangat besar. Karena itu, pemuda yang secara fisik mempunyai kekuatan yang lebih dituntut untuk lebih peka dan memahami hal-hal apa yang harus dipersiapkan ketika ada situasi bencana," tuturnya.

Di acara talkshow tersebut ada tiga orang narasumber yang memberikan materi dan pembelajaran dari perspektifnya masing-masing sehingga akan menjadi pembekalan dan menjadi pengetahuan serta keterampilan yang membawa manfaat bagi pemuda ketika pada saatnya bencana itu terjadi. "Tentu sebagai manusia kita selalu berharap bahwa kita akan berada dalam situasi yang baik-baik saja namun kita tidak pernah tahu kapan bencana itu akan terjadi," tuturnya.

"Namun sebagai pemuda, tentunya harus siap dalam situasi apapun dan harus menjadi motor penggerak dan menjadi pelopor dengan jiwa kepemimpinannya untuk menangani bencana alam," sambungnya.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 117 peserta dari unsur organisasi kepemudaan dan dari alumni program Kemenpora.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)