Gempa Berkekuatan M5,5 Guncang Bolaang Mongondow Selatan

Kamis, 14 Desember 2023 - 08:52 WIB
loading...
Gempa Berkekuatan M5,5 Guncang Bolaang Mongondow Selatan
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara. Foto/BMKG
A A A
BOLAANG MONGONDOW SELATAN - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 5,5 baru saja mengguncang wilayah Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, Kamis (14/12/2023). Gempa yang berpusat di laut tersebut, terjadi sekitar pukul 08.05 WIB.



Dilansir dari akun X BMKG, @infoBMKG, pusat gempa bumi berjarak 42 km arah tenggara Kecamatan Bolaang Uki, dengan kedalaman 99 km. Atau berada pada titik koordinat 0,00 Lintang Utara (LU), dan 124,08 Bujur Timur (BT).



Dalam keterangannya, @infoBMKG juga menyebut gempa bumi tersebut, tidak berpotensi memicu terjadinya tsunami. Namun warga diimbau untuk tetap mewaspadai potensi terjadinya gempa susulan, dengan menjauh dari bangunan yang mudah roboh untuk menghindari jatuhnya korban.



BMKG juga menyebutkan, getaran gempa bumi tersebut, paling kuat dirasakan di wilayah Kecamatan Bolaang Uki, yakni III skala MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.



Sedangkan di wilayah Bone Bolango, Kotamobagu, dan Taliabu, getaran gempa dirasakan II skala MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9042 seconds (0.1#10.140)