Puluhan Pohon Tumbang, Abrasi Ancam Pemukiman dan Jalan

Selasa, 23 Januari 2018 - 06:11 WIB
Puluhan Pohon Tumbang, Abrasi Ancam Pemukiman dan Jalan
Puluhan Pohon Tumbang, Abrasi Ancam Pemukiman dan Jalan
A A A
PELAIHARI - Abrasi mengancam pemukiman warga di Desa Muara Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, selain mengancam pemukiman, gerusan air laut juga mengancam jalan desa yang menghubungkan Desa Muara Kintap dengan Kota Kecamatan Kintap.

Bertumbangnnya pohon cemara laut yang diharapkan dapat melindungi pemukiman dan jalan desa sangat menghawatirkan warga Muara Kintap, mengingat jalan tersebut merupakan akses satu-satunya untuk mencapai desa yang berada sekitar 150 kilometer dari Kota Banjarmasin itu.

Ancaman abrasi akibat gelombang laut itu sudah mulai terlihat dengan bertumbangannya puluhan pohon cemara laut yang banyak terdapat di pesisir Pantai Muara Kintap. Pohon-pohon tersebut satu demi satu bertumbangan dalam dua bulan terakhir.

Alimuddin, warga Muara Kintap mengatakan pohon tersebut roboh tidak berbarengan, namun perlahan tapi pasti satu demi satu tumbang.

"Dalam dua bulan terakhir ada sekitar 20 pohon yang roboh akibat gelombang pasang dan hembusan angin kencang," kata Alimuddin yang biasa dipanggil Aco saat dikonfirmasi kondisi pesisir Muara Kintap, kemarin.

Menurut Aco, saat ini garis pantai semakin menjorok ke daratan dan nyaris menyentuh rumah warga, padahal sebelumnya pemukiman tersebut jauh dari bibir pantai. “Banyak pemukiman warga yang sudah nyaris tersentuh gelombang laut,” tambah Aco.

Selain mengancam pemukiman penduduk, hantaman gelombang Laut Jawa juga mengancam ruas jalan desa yang berada tidak jauh dari bibir pantai, saat ini sudah ada jalan yang tinggal hitungan meter dengan garis pantai.

"Tidak terbayang betapa sulitnya warga kami kalau sampai bibir pantai semakin dalam menyentuh ruas jalan," kata Aco lagi.

Ancaman abrasi akibat gerusan air laut juga terjadi di Desa Kuala Tambangan dan obyek wisata Pantai Batu Lima di Kecamatan Takisung, ruas jalan desa yang menghubungkan Desa Kuala Tambangan dan Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan ada yang sudah dekat dengan garis pantai.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5204 seconds (0.1#10.140)