KPU Siapkan 391 TPS Pilgub Jateng di Salatiga

Jum'at, 19 Januari 2018 - 16:36 WIB
KPU Siapkan 391 TPS Pilgub Jateng di Salatiga
KPU Siapkan 391 TPS Pilgub Jateng di Salatiga
A A A
SALATIGA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga menyiapkan sebanyak 391 tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemungutan suara pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah yang akan digelar pada 27 Juni 2018. TPS sebanyak itu, akan didirikan di 23 kelurahan yang tersebar di empat wilayah kecamatan yang ada di Salatiga.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga Putnawati mengatakan, penentuan jumlah TPS disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing kelurahan. “Penghitungannya didasarkan pada jumlah pemilih di tiap kelurahan,” katanya, Jumat (19/1/2018).

Dia menjelaskan, jumlah daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) Pilgub) Jateng 2018 sebanyak 139.693 jiwa. Nantinya DP4 akan dimutakhirkan sesuai dengan kriteria sebagai pemilih agar data pemilih Pilgub Jateng akurat.

Sesuai tahapan pelaksanaan Pilgub Jateng, pemutakhiran daftar pemilih akan dilaksanakan pada 20 Januari hingga 18 Februari 2018. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan mendatangi rumah para pemilih untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit).

“Hanya PPDP merasa sungkan atau takut saat hendak melaksanakan tugasnya di kompleks rumah dinas Batalyon Infanteri Mekanis 411/Pandawa. Kami mohon pimpinan Batalyon membantu para petugas kami saat melakukan pendataan,” timpalnya.

Sementara itu, Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Salatiga Yesaya Tiluata menyatakan, Panwaslu telah menyiapkan skema pengawasan Pilgub Jateng.

"Kami juga telah merekrut petugas panwas kelurahan dan baru saja dilantik telah melalui proses seleksi, baik administrasi dan wawancara. Kami berharap personel yang terpilih mampu melakukan fungsi pengawasan sebaik-baiknya," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.1923 seconds (0.1#10.140)