Lanal Batam Amankan Boat Pancung Angkut Narkoba

Selasa, 16 Januari 2018 - 23:32 WIB
Lanal Batam Amankan Boat Pancung Angkut Narkoba
Lanal Batam Amankan Boat Pancung Angkut Narkoba
A A A
BATAM - Dua kapal patroli Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam berhasil mengamankan kapal boat pancung pembawa narkoba di perairan Pulau Putri Batam, Nongsa, Selasa (16/1/2018) dini hari. Diduga narkoba tersebut sengaja dikirim dari Malaysia menuju Batam menggunakan boat pancung fiber nelayan.

Mengetahui kejadian tersebut, Danlanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan bersama Asintel Lantamal IV Tanjungpinang Kolonel Laut (S) Tatang turun langsung ke lokasi di kawasan dermaga Nongsa Point Marina (NPM) Batam.

Penangkapan tersebut, kata Iwan, berawal adanya laporan di lapangan akan ada pengiriman narkoba melalui jalur Nongsa. Anggota Lantamal dan Danlantamal melakukan koordinasi untuk melakukan patroli rutin dalam dua minggu penuh.

"Saat anggota patroli, kami menemukan satu kapal boat dari fiber yang mencurigakan. Kemudian anggota langsung mendekat untuk mengecek," kata Iwan.

Kemudian, anggota meminta kapal tersebut untuk berhenti. Namun hal itu diabaikan oleh dua orang yang berada di kapal. Mereka memilih melarikan diri. Petugas tidak tinggal diam, mereka mengeluarkan tembakan peringatan ke langit agar dua orang pelaku menghentikan laju kapalnya.

"Saat dikejar petugas, kapal terus jalan. Akhirnya kapal kita memberhentikan paksa dengan cara menabrak mesin kapal. Namun dua orang pelaku berhasil melarikan diri dengan lompat dari kapal," katanya.

Iwan menuturkan, sebelum dua orang pelaku lompat dan melarikan diri, anggota sempat melihat keduanya membuang box styrofoam yang diduga berisi narkoba jenis sabu dan ekstasi ke dalam laut. "Jadi saat ditemukan kapal dalam kondisi kosong dan sudah mati karena mesin rusak ditabrak," katanya.

"Sampai pagi tadi kita terus melakukan penyisiran, apakah ada mayat (pelaku) atau barang yang dibuang pelaku. Ternyata di Palm Spring Hold, sekuriti resort menemukan narkoba dengan jenis serupa dengan ciri-ciri barang semalam," katanya.

Diduga kapal yang hanya berisi jaring, box styrofoam, dua ember, topi, sendal, jeriken, dayung, dan jaket tersebut berangkat dari Sungai Renggit Malaysia. Kedua pelaku membawa sabu seberat enam kilogram yang disimpan di box styrofoam dan dibuang ke laut.

Kapolsek Nongsa Kompol Albet Sihite membenarkan adanya penemuan narkoba dengan ciri-ciri serupa di kawasan Palm Spring Nongsa. Namun pihaknya masih belum bisa memastikan berapa berat barang yang ditemukan di resort tersebut.

"Pekerja resort yang menemukan, jadi kita limpahkan dan serahkan barang bukti ke Polresta untuk pengembangan," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3418 seconds (0.1#10.140)