Aktivis Fatayat NU Tulungagung Pilih Menangkan Gus Ipul di Pilgub Jatim

Selasa, 16 Januari 2018 - 02:11 WIB
Aktivis Fatayat NU Tulungagung Pilih Menangkan Gus Ipul di Pilgub Jatim
Aktivis Fatayat NU Tulungagung Pilih Menangkan Gus Ipul di Pilgub Jatim
A A A
TULUNGAGUNG - Para aktivis Fatayat NU Tulungagung menyatakan sikap mendukung pasangan Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Sedangkan di Pilkada Tulungagung mereka menyatakan mendukung pasangan petahana Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo (Sahto).

"Di Pilgub kami mendukung Gus Ipul dan Mbak Puti (Puti Guntur Soekarno). Sedangkan di Pilbup Tulungagung, kami memilih Sahto," ujar Ketua Fatayat NU Tulungagung Nihayatus Sholihah kepada wartawan di TulungAgung, Senin (15/1/2018).

Fatayat NU Tulungagung beranggotakan 10 ribu jiwa. Jumlah yang ada ini seperti yang tercatat di KartaNU atau kartu tanda anggota NU. Fatayat NU adalah para aktivis nahdliyah dengan usia produktif 20-45 tahun. "Dan kami kompak soal pilihan politik, "terang Nihayatus.
Apa yang menjadi pertimbangan menjatuhkan pilihan ke paslon Gus Ipul-Puti? Secara diplomatis, Nihayatus mengatakan Fatayat hanya mengikuti hasil ikhtiar (istiqoroh) para Kiai NU.

Dia juga menceritakan di dua pilihan Gubernur Jatim terdahulu, Fatayat telah membantu Khofifah Indar Parawansa. Karenannya saat ini giliran mendukung Gus Ipul. Sebagai anak, sudah sepantasnya Fatayat mengikuti apa yang diisyaratkan orang tua (NU).

"Lagian keduanya (Gus Ipul dan Khofifah) juga sama sama tokoh NU. Jadi siapapun yang menang tetap orang NU," terangnya.

Bukankah ini akan menimbulkan ketegangan dengan aktivis Muslimat yang notabene sesama banom NU? Nihayatus tidak membantah juga tidak mengiyakan.

Dia hanya mengatakan ketegangan antara Fatayat dan Muslimat tidak berlaku di Tulungagung. Karena sikap para aktivis Fatayat lebih bersifat pribadi. "Terutama soal Pilbup, kami sama sama kompak memilih pasangan Sahto, "pungkasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Satkornas Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Alfa Isnaeni. Karena alasan senioritas, Banser memilih memberikan dukungan kepada Gus Ipul.

Dan juga karena alasan Cabup Petahana Tulungagung Syahri Mulyo pernah berada di Ansor, Banser kata Alfa juga memilih mendukung pasangan Sahto di Pilkada Tulungagung. "Tentunya semua sudah tahu itu. Banser arah dukungannya kemana," katanya.

Seperti diketahui, Pilgub Jatim diramaikan dua pasangan calon yaitu pasangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno yang diusung koalisi PDIP dan PKB. Kemudian paslon Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak yang diusung koalisi Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Nasdem. Belakangan Partai Gerindra dan PKS merapat ke Gus Ipul. Sementara PAN merapat ke Khofifah.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1853 seconds (0.1#10.140)