Biden Dinilai Lemah dan Tua, Trump Terus Memimpin dalam Jajak Pendapat

Minggu, 10 Desember 2023 - 20:03 WIB
loading...
Biden Dinilai Lemah dan Tua, Trump Terus Memimpin dalam Jajak Pendapat
Joe Biden dinilai lemah dan tua sehingga popularitasnya terus menurun dibandingkan Donald Trump. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden AS Donald Trump unggul dari rivalnya dari Partai Demokrat Joe Biden dalam pertarungan hipotetis antara dua kandidat yang paling mungkin bersaing dalam pemilihan presiden tahun depan.

Survei tersebut, yang diterbitkan pada Sabtu oleh Wall Street Journal (WSJ), menunjukkan Biden mendapat peringkat dukungan terendah selama hampir tiga tahun masa kepresidenannya. Itu serupa dengan jajak pendapat serupa yang menunjukkan Trump yang diperangi secara hukum mendapatkan dukungan dalam upayanya untuk kembali ke Gedung Putih.

Menurut WSJ, Trump mengungguli Biden dengan selisih empat poin persentase – 47% berbanding 43% – yang menandai pertama kalinya mantan presiden tersebut unggul dalam persaingan head-to-head melawan penggantinya. Survei tersebut juga menemukan bahwa menambahkan kandidat dari pihak ketiga, seperti Robert F. Kennedy Jr., semakin meningkatkan persaingan untuk mendukung Trump dengan selisih 37% hingga 31%.

Baca Juga: Popularitas Presiden Biden Turun Tajam Membuka Peluang Trump Menang Pemilu 2024

Data WSJ menunjukkan bahwa Biden, yang kebijakan luar negerinya menjadi fokus tajam karena konflik di Timur Tengah dan Ukraina, juga mengalami penurunan peringkat dukungan terhadap dirinya di beberapa kategori utama. Hanya 23% pemilih yang disurvei mengatakan bahwa kebijakan Biden telah membantu mereka secara pribadi – sementara 53% mengatakan mereka “terluka” oleh agenda kepresidenannya.

Sebagai perbandingan, sekitar setengah responden mengatakan bahwa kebijakan Trump secara pribadi membantu mereka selama empat tahun bertugas di Ruang Oval. Sementara itu, kinerja Biden secara keseluruhan yang disurvei berada pada rekor terendah untuk WSJ yaitu 37%, sementara rekor tertinggi, 61%, memandang presiden tersebut tidak menguntungkan.

Temuan jajak pendapat tersebut, yang dilakukan kurang dari 11 bulan sebelum para pemilih memberikan suara mereka pada November 2024, mencerminkan kekhawatiran di beberapa kalangan Demokrat mengenai elektabilitas Biden. Presiden petahana akan berusia 81 tahun pada hari pemilihan dan 86 tahun pada saat masa jabatan kedua berakhir. Trump yang berusia 77 tahun menyoroti usia lawannya yang sudah lanjut usia dan spekulasi mengenai memburuknya kapasitas mental lawannya.

Menurut jajak pendapat Michael Bocian, Biden kalah dari kelompok yang secara tradisional mendukung Partai Demokrat, termasuk pemilih muda, kulit hitam, dan Latin. “Mereka merasa tertekan dan tertantang secara ekonomi saat ini,” kata Bocian kepada WSJ. “Dan mereka tidak menunjukkan antusiasme seperti pada tahun 2020 dan 2022.”

Namun, dia menambahkan bahwa banyak hal bisa berubah antara sekarang dan November mendatang dan pembentukan kembali koalisi elektoral Biden “sangat mungkin dilakukan.”

Secercah harapan bagi Partai Demokrat, permasalahan hukum yang dialami Trump tampaknya menjadi kelemahannya. Jajak pendapat WSJ menunjukkan bahwa Biden dipandang sebagai kandidat yang lebih “jujur” dibandingkan dengan Trump, yang mayoritas dianggap “korup.”

Hukuman pidana terhadap Trump – yang menghadapi 91 dakwaan dalam empat tuntutan berbeda yang sedang berlangsung – akan secara dramatis mengubah lanskap jajak pendapat dan memberi Biden keunggulan satu poin, menurut jajak pendapat tersebut.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)