alexametrics

Dua Pasangan Kandidat Cagub Jateng Tes Kesehatan Fisik dan Jiwa

loading...
Dua Pasangan Kandidat Cagub Jateng Tes Kesehatan Fisik dan Jiwa
Dua pasangan kandidat cagub Jawa Tengah menjalani tes kesehatan fisik dan jiwa RSUP dr Kariadi. Foto/Taufik Budi
A+ A-
SEMARANG - Dua pasangan kandidat calon gubernur Jawa Tengah (cagub Jateng) hari ini menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani. Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara maraton setelah kemarin mengikuti tes urine dan psikotes.

"Untuk hari kedua, tes dimulai pukul 07.00 WIB di Paviliun Garuda RSUP dr Kariadi. Pemeriksaan jasmani ini melibatkan 21 dokter spesialis. Nanti keseluruhan ya (pemeriksaannya), mulai jantung, saraf, THT, da sebagainya," kata Komisioner KPU Jateng, Ikhwanudin, Sabtu (13/1/2018).

Dia menambahkan, terdapat 11 poin pemeriksaan kesehatan yang dilakukan hari ini. Dalam pemeriksaan hari kedua ini juga dilakukan MMPI dan tes psikiatri, yang berguna untuk mengetahui kondisi kejiwaan masing-masing calon.

Menurut sebuah sumber, MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) adalah tes psikometri yang digunakan untuk mengukur psikopatologi orang dewasa. Tujuan tes ini untuk memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat.

"Tes psikiatri ini masuk kesehatan rohani dan beda dengan psikotes kemarin. Hari ini nanti full dilakukan oleh tim dari RS dr Kariadi. Dijadwalkan selesai jam 2 siang, tapi untuk MMPI ini kita lihat apakah bisa dilaksanakan setelah jam 2 siang, karena itu butuh waktu lama. Tesnya dilakukan per orang kaitannya dengan kejiwaan," bebernya.

Menurutnya, jika pemeriksaan kesehatan masih belum selesai maka akan dilanjutkan hingga esok hari. Dua pasangan calon yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen dan Sudirman Said-Ida Fauziyah harus mengikuti semua tahapan tes kesehatan ini sebagai syarat mengikuti kontestasi Pilkada Jateng.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak