alexa snippet

4 Pasangan Cagub-Cawagub Jabar Jalani Tes Kesehatan

4 Pasangan Cagub-Cawagub Jabar Jalani Tes Kesehatan
Mayjen (Purn) Sudrajat yang diusung Gerindra, PKS, dan PAN menjalani tes kesehatan di RSUP dr Hasan Sadikin Bandung, Kamis (11/1/2018). Foto/Agung Bakti Sarasa
A+ A-
BANDUNG - Empat pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Barat menjalani serangkaian tes kesehatan di RSUP dr Hasan Sadikin Bandung, Kamis (11/1/2018).

Tes kesehatan yang mereka jalani, di antaranya tes kesehatan rohani, bebas penyalahgunaan narkotika, tes urine, pengambilan sampel darah, hingga tes kesehatan jasmani.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Endun Abdul Haq mengatakan, tes kesehatan pasangan cagub/cawagub Jabar melibatkan 14 dokter spesialis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ditambah anggota Badan Narkotika Nasional (BBN) dan psikiater.

"Tim pemeriksa jumlahnya sekitar 20 orang," sebut Endun di sela-sela tes kesehatan di RSUP dr Hasan Sadikin, Jalan Pasteur, Kota Bandung.

Endun melanjutkan, keempat pasangan cagub-cawagub Jabar juga menjalani tes kejiwaan lewat wawancara psikologi oleh Himpunan Masyarakat Psikolog Jawa Barat. Setiap cagub/cawagub akan diwawancarai oleh seorang psikiater.

"Terakhir adalah pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan mulai dari jantung, ortopedi, darah dan THT (telinga, hidung, dan tenggorokan). Semua pemeriksaan akan dilakukan hari ini. Insya Allah akan selesai hari ini juga," katanya.

Selain menjadi tempat tes kesehatan pasangan bakal cagub/cawagub Jabar, RSUP dr Hasan Sadikin juga menjadi tempat tes kesehatan para bakal calon bupati/wakil bupati dan bakal calon wakil wali kota/wakil wali kota. Puluhan dokter spesialis disiapkan untuk mendukung pelaksanaan tes kesehatan terhadap 120 calon kepala daerah tersebut.

Pemeriksaan kesehatan bagi bakal cagub/cawagub, bupati/wakil bupati, dan wali kota/wakil wali kota dimulai hari ini, Kamis (11/1/2018) hingga Senin (15/1/2018) mendatang. RSUP dr Hasan Sadikin bekerja sama dengan IDI Jabar yang ditunjuk sebagai Koordinator Tim Pemeriksaan Kesehatan Pasangan Calon Pilkada Jabar.

"Pemeriksaan dilaksanakan dua hari, Kamis dan Senin (11-14/1/2017) pukul 07.00 pagi. Tim dokter dibagi dua, yakni untuk memeriksa cagub/cawagub dan calon bupati, wakil serta calon wali kota, wakil bupati," jelas Ketua IDI Jabar dr Eka Mulyana.

Eka menyebutkan, tes kesehatan meliputi pemeriksaan jantung, paru-paru, gigi, HIV/AIDS, narkotika, dan psikotoprika hingga radiologi. Pemeriksaan dalam satu hari dibagi dua shift hingga akhir pemeriksaan pada Senin 15 Januari 2018 malam.

Diketahui, Pilgub Jabar 2018 diikuti empat pasangan cagub/cawagub Jabar. Keempat pasangan itu adalah Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Duo DM), Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu), Mayjen (Purn) Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik), dan Mayjen (Purn) TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah).
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top