Turki Murka Prancis Jual 50 Kendaraan Lapis Baja ke Armenia

Sabtu, 09 Desember 2023 - 23:01 WIB
loading...
Turki Murka Prancis Jual 50 Kendaraan Lapis Baja ke Armenia
Prancis mengirimkan 50 unit kendaraan lapis baja model Bastion seberat 12 ton ke Armenia. Foto/Arquus Defense
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut keputusan pemerintah Prancis memasok 50 kendaraan lapis baja Bastion ke Armenia sebagai “provokasi”.

Erdogan menyarankan agar Armenia fokus pada perdamaian, daripada terjebak dalam perangkap yang dibuat negara lain.

“Apa yang dilakukan Prancis hanyalah provokasi. Prancis harus tahu bahwa mereka tidak membawa kebaikan bagi Armenia, sebaliknya justru merugikan,” tegas Erdogan kepada sekelompok jurnalis pada Jumat (8/12/2023) yang menemaninya dalam kunjungan kenegaraan ke Yunani.

“Prancis sebelumnya mendukung Armenia. Hasil apa yang mereka dapatkan? Tidak ada," papar dia.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Catherine Colonna mengatakan selama kunjungan ke Armenia pada Oktober bahwa Paris telah setuju mengirimkan peralatan militer kepada pasukan Armenia setelah Nagorno-Karabakh dikuasai Azerbaijan, meskipun ada pasukan penjaga perdamaian Rusia di daerah tersebut.

Lebih dari 100.000 etnis Armenia meninggalkan Nagorno-Karabakh setelah Azerbaijan menyerang daerah tersebut dalam operasi “kontra-teror” pada September.

Serangan Azerbaijan memaksa separatis Armenia menandatangani perjanjian perlucutan senjata kurang dari 24 jam setelah serangan tersebut.



Nagorno-Karabakh adalah wilayah Azerbaijan berdasarkan hukum internasional, dengan mayoritas penduduk etnis Armenia. Sebelumnya, tempat ini dijalankan otoritas Armenia yang memisahkan diri.

Armenia tidak melawan serangan Azerbaijan tiga bulan lalu dan menyalahkan pasukan Rusia atas kegagalan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)