alexametrics

Berkas Pendaftaran Khofifah Sempat Nyantol Gara-gara Nasdem

loading...
Berkas Pendaftaran Khofifah Sempat Nyantol Gara-gara Nasdem
Para pendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sempat dibuat deg-degan saat pendaftaran di KPU Jatim.Koran SINDO/Aan Haryono
A+ A-
SURABAYA - Para pendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sempat dibuat deg-degan saat pendaftaran di KPU Jatim. Sebab, berkas yang dibawa dinyatakan kurang lengkap karena tidak adanya kehadiran Ketua DPD Partai Nasdem Jatim Rendra Kresna.

Dari semua partai yang mendukung, ada dua pimpinan partai yang tak bisa hadir dalam pendaftaran Khofifah-Emil di Pilgub Jatim. Mereka adalah Ketua DPD Golkar Jatim Nyono Suharli Wihandoko dan Ketua DPD Partai Nasdem Jatim Rendra Kresna.

Sebagai salah satu syarat pendaftaran,maka ketua partai yang memberikan tanda tangan harus hadir. Nyono melampirkan surat keterangan dari KPU Jombang yang menyatakan dirinya di saat waktu yang bersamaan harus hadir di Jombang untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati (bacabup).



Sementara ketidakhadiran Rendra Kresna karena ada tugas dinas ke Jakarta yang tak bisa ditinggalkan. Namun, KPU dan Bawaslu Jatim ingin ada surat kedinasan yang menunjukan Rendra memang sedang menjalani tugas ke Jakarta.

“Kami akan menunggu sampai surat itu datang dari Pemkab Malang. Ini sebagai salah satu aturan yang harus dilengkapi, kalau tidak maka kami tak bisa memberikan bukti penerimaan berkas,” ujar Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, Rabu (10/1/2018).

Penyelesaian pendaftaran pun harus molor sampai pukul 14.00 WIB. Setelah melakukan koordinasi, tim pemenangan akhirnya bisa mendapatkan surat dinas dari Pemkab Malang. Pendaftaran pun dilanjutkan dan KPU Jatim menyatakan resmi menerima semua berkas Khofifah-Emil.

Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaifi mengatakan, surat dinas yang dikirim oleh Pemkab Malang melalui email. Surat elektronik itu dirasa cukup untuk menjadi salah satu alat bukti. “Meskipun lewat email tak masalah. Karena surat elektronik bisa dijadikan salah satu bukti,” jelasnya.

Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio mengatakan, semua persyaratan sudah dilengkapi. Berkas-berkas utama dari semua parpol sudah lengkap. Sampai saat ini tak ada kendala lagi untuk pendaftaran.

“Keberangkatan Ketua DPD Partai Nasdem Rendra Kresna memang mendadak. Padahal sejak tadi malam sudah menyatakan siap hadir, baru tadi pagi tiba-tiba mendadak harus pergi ke Jakarta dan tak bisa diwakilkan,” jelasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak