Elemen Mahasiswa Indonesia Timur di Yogyakarta Tuntut Ade Armando Ditangkap

Jum'at, 08 Desember 2023 - 09:31 WIB
loading...
Elemen Mahasiswa Indonesia Timur di Yogyakarta Tuntut Ade Armando Ditangkap
Puluhan elemen mahasiswa dari Indonesia Timur melakukan aksi damai di Titik Nol Kilometer dan long March menuju ke Kantor Gubernur DIY. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Puluhanelemen mahasiswa dari Indonesia Timur yang tinggal di Yogyakarta melakukan aksi damai di Titik Nol Kilometer dan long March menuju ke Kantor Gubernur DIY di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Dengan membawa spanduk dukungan terhadap keistimewaan DIY dan poster tangkap Ade Armando mereka berjalan kaki menelusuri selasar Malioboro. Mereka juga menghormati pengguna jalan lain dan juga wisatawan yang ada di Malioboro.

Di pintu barat Kepatihan mereka menggelar orasi dan kemudian ditemui oleh Plt Kepala Sat Pol PP DIY, Noviar Rahmad dan jajarannya yang mengenakan seragam Sat Pol PP khas gaya Jogja yaitu mengenakan blangkon atau Suluk dan dibalut kain batik.

Mereka kemudian menyerahkan plakat dukungan warga Indonesia Timur ke DIY. Koordinator Aksi, Marinus Sombopu mengatakan sebenarnya ada 3 poin yang menjadi tuntutan mereka saat ini dan hal itu berhubungan dengan Ade Armando.



Yang pertama adalah soal status sejarah di Jogja yang tidak perlu diotak-atik lagi. Kemudian yang kedua mereka mendukung penuh terkait status penuh posisi Sri Sultan dan Paku alam sebagai gubernur dan wakil gubernur.

”Kami sebagai masyarakat Indonesia timur mendukung penuh kebijakan-kebijakan yang ada,” kata Marinus kepada wartawan, Jumat (8/12/2023).

Kemudian yang ketiga berkaitan dengan tutur kata dan ucapan Ade Armando yang melenceng jauh dan kemudian mengatakan jika jogja itu menerapkan sistem politik dinasti. sehingga pihaknya melihat hal itu sungguh di luar dari apa yang selama ini terjadi di Kota Yogyakarta.

Dia menegaskan mahasiswa Indonesia Timur tidak sepakat dengan Ade Armando. Dan mahasiswa Indonesia Timur yang ada di DIY menuntut aparat keamanan untuk bertindak tegas dengan menangkap ade armando.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8309 seconds (0.1#10.140)