Genosida Israel, Prof Salman Sayyid: Membuka Kemungkinan Munculnya Dunia yang Lebih Baik

Jum'at, 08 Desember 2023 - 08:13 WIB
loading...
Genosida Israel, Prof Salman Sayyid: Membuka Kemungkinan Munculnya Dunia yang Lebih Baik
Prof Salman Sayyid. Foto: Anadolu
A A A
Perlawanan terhadap upaya genosida di Gaza membuka kemungkinan munculnya visi baru mengenai dunia yang lebih baik. Sebuah visi yang hilang di Bosnia dan tidak muncul kembali ketika etnis Rohingya diusir dari Myanmar , selama gerakan Chechnya , dan dalam banyak kasus lainnya, seperti yang terjadi pada Uighur atau Kashmir .

Profesor Salman Sayyid, pakar Islamofobia dari Universitas Leeds, mengatakan ini adalah arti unjuk rasa di seluruh dunia bagi warga Palestina yang memprotes kekerasan Israel .

"Jutaan orang telah bergabung dalam demonstrasi sebagai bentuk solidaritas terhadap Gaza dan rakyat Palestina," ujarnya sebagaimana dilansir Anadolu, 4 Desember 2023 lalu.



Banyak negara di Amerika Latin atau Afrika non-Muslim yang mengecam Tel Aviv; misalnya, pemerintah Afrika Selatan secara konsisten mengkritik Tel Aviv, karena mereka melihat apartheid yang mereka lakukan di Afrika Selatan diterapkan kembali pada warga Palestina.

Menurut Sayyid, lewat cara ini, bagi banyak orang, penderitaan Palestina dan serangan terhadap warga Palestina mengingatkan mereka dan selaras dengan pengalaman mereka mengenai kolonialisme, rasisme, atau pengalaman penindasan dan pengalaman mereka sendiri mengenai kemungkinan kekejaman terhadap mereka, sebagai banyak pemerintah menolak mengakui kemanusiaan mereka.

"Jadi, menurut saya ini adalah pemberontakan melawan dehumanisasi tatanan neoliberal, dan Anda akan melihat ketika Anda melakukan demonstrasi ini, ada banyak pengunjuk rasa Yahudi," ujarnya.

Ada banyak pengunjuk rasa Muslim. Ada banyak pengunjuk rasa atheis. Dan yang menyatukan mereka bukan hanya satu hal; itu adalah keluarga dari hal yang berbeda. Namun mereka melihat di Gaza ada sesuatu yang mempengaruhi kita semua.



Lebih Mudah Dilakukan

Mengapa di tatanan dunia neoliberal saat ini begitu mudahnya melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan? Mengapa dunia tidak memiliki mekanisme tertentu untuk menghentikan terjadinya pembantaian ini atau untuk menghukum orang-orang yang bertanggung jawab atas kejahatan perang tersebut, bukan beberapa dekade kemudian, namun pada saat kejahatan tersebut dilakukan?

Menurut Salman Sayyid, ada yang berpendapat bahwa karena genosida Bosnia dibiarkan terjadi, maka genosida Rohingya menjadi lebih mudah dilakukan. Genosida Rohingya cukup penting karena dilakukan oleh Myanmar, yang merupakan negara yang sangat lemah… jauh lebih lemah dibandingkan banyak negara Muslim.

"Namun kegagalan umat Islam atau pihak lain untuk melakukan sesuatu terhadap genosida tersebut, berarti Anda telah menurunkan ambang batas tingkat kekerasan yang dapat Anda lakukan terhadap 'kemusliman' di seluruh dunia," ujarnya.

Dia menyebut ini adalah tatanan neoliberal zombi yang tidak lagi dipercaya oleh siapa pun, tidak ada yang benar-benar memikirkannya, namun mereka akan terus memakan otak dan hati kita karena hanya itulah yang mereka tahu bagaimana melakukannya. Dan saat ini, di dunia saat ini, diperlukan sebuah visi baru dan belum ada visi baru yang akan datang.



Lalu, dalam tatanan dunia neoliberal saat ini, apakah ada visi baru untuk dunia yang lebih baik?

Menurut Sayyid, perlawanan terhadap upaya genosida di Gaza membuka kemungkinan munculnya visi baru tentang dunia yang lebih baik. Sebuah visi yang hilang di Bosnia, tidak dibahas di kalangan Rohingya, tidak dibahas di kalangan Chechnya, tidak dibahas di banyak kasus berbeda, misalnya, di kalangan Uyghur atau Kashmir.

Hal ini sangat penting untuk diingat, namun di banyak tempat di Islamistan, demonstrasi seperti ini tidak mungkin diadakan. "Misalnya, Anda tidak bisa mengadakan rapat umum jika Anda ingin mengadakannya di Riyadh. Maksud saya, Anda bisa menonton konser Shakira, tapi Anda tidak bisa mengadakan demonstrasi rakyat untuk Palestina," ujarnya.

Namun, di negara-negara Muslim lainnya, terjadi demonstrasi besar-besaran. Namun banyak pemerintah yang mencoba membatasi protes populer tersebut karena mereka menyadari bahwa satu-satunya hal yang dapat menggulingkan protes tersebut adalah kekuatan rakyat. Jadi, mereka takut orang-orang berkumpul dan mengakui kekuatan mereka.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)