4 Anak Tewas Terkunci oleh Orang Tuanya di Jaksel, Kriminolog UI: Bisa Dijerat Pasal Pemberatan

Kamis, 07 Desember 2023 - 10:52 WIB
loading...
4 Anak Tewas Terkunci oleh Orang Tuanya di Jaksel, Kriminolog UI: Bisa Dijerat Pasal Pemberatan
Kriminolog UI Adrianus Meliala angkat bicara mengenai peristiwa keji empat anak tewas terkunci di sebuah kamar rumah kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023). Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Geger! Empat anak tewas terkunci di sebuah kamar rumah kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023). Mereka tewas karena diduga dikunci oleh orang tuanya sendiri.

Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala angkat bicara mengenai peristiwa keji ini. Menurut dia, orang tua korban bisa disangkakan pasal pemberatan terkait penelantaran anak berujung kematian.

"Saya menduga sang ayah bisa disangkakan pasal terkait penelantaran anak hingga mengakibatkan kematian," ujar Adrianus, Kamis (7/12/2023).



"Karena pelakunya adalah orang yang seharusnya bertanggung jawab pada keselamatan anak, maka ancaman pidana diperberat sepertiga," tambahnya.

Untuk memastikan apa yang terjadi sebaiknya orang tua korban dalam hal ini sang ayah yang juga berupaya melakukan percobaan bunuh diri perlu dikorek lebih dalam.

"Walau dapat dibuat konstruksi hukum atas kasus ini, kekerasan domestik tetap pahit. Pelaku dan korban sama-sama anggota keluarga. Untuk memastikan apa yang terjadi, maka ayah yang selamat dari percobaan bunuh diri perlu dibuat sehat dulu agar bisa dikorek pernyataannya," kata Adrianus.

Dia juga menyoroti isi surat dan pesan 'Puas Bunda, Tx For All' di lantai kamar tempat 4 bocah meregang nyawa. Dia menilai bisa saja pesan ditulis untuk pengalihan perhatian dari yang sebenarnya terjadi.

"Kalau sekarang polisi fokus pada isi surat, boleh juga. Namun, jangan lupa tulisan bisa saja tidak dikenali siapa penulisnya atau dibuat dalam rangka pengalihan perhatian," tuturnya.

Seperti diberitakan, 4 anak ditemukan tewas di sebuah rumah kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Diduga, pelaku yang menewaskan 4 anak tersebut merupakan orang tuanya sendiri.

"Orang tuanya yang diduga pelaku mencoba bunuh diri juga, tapi saat ini masih bisa selamat dan dirawat di RS," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Bintoro, Rabu (6/12/2023).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2490 seconds (0.1#10.140)