Dampak Supermoon, Masyarakat Pantura Diimbau Waspadai Rob

Rabu, 03 Januari 2018 - 08:54 WIB
Dampak Supermoon, Masyarakat Pantura Diimbau Waspadai Rob
Dampak Supermoon, Masyarakat Pantura Diimbau Waspadai Rob
A A A
SEMARANG - Stasiun Meteorologi Maritim, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Semarang mengimbau masyarakat yang berada di kawasan Pantura untuk lebih waspada dan berhati-hati terhadap meningkatnya ketinggian air laut yang bisa lebih tinggi dari biasanya.

BMKG memprediksi pasang air laut atau rob akan terjadi di kawasan pesisir utara Jawa Tengah, termasuk Kota Semarang, antara tanggal 1 hingga 4 Januari 2018 dan 29 Januari sampai 2 Februari 2018. Hal tersebut dipicu adanya fenomena Bulan Purnama yang terlihat lebih besar dari biasanya, atau biasa disebut Supermoon.

"Kenaikan rata-rata pasang air laut 60 sentimeter. Masuk di permukiman warga atau tidak, itu tergantung sanitasi masing-masing wilayah. Jika jarak bulan lebih dekat, bisa mengakibatkan air laut pasang," jelas Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kota Semarang Retno Widyaningsih di Semarang, Rabu (3/1/2018).

Dia menjelaskan, pasang air laut bisa dihitung berdasarkan bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari. "Ketika bertemu dalam satu garis, pasti akan mengakibatkan air laut pasang tinggi," jelasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.2095 seconds (0.1#10.140)