Sudirman Said Pertimbangkan 2 Putra Mbah Moen Jadi Cawagub

Selasa, 02 Januari 2018 - 21:33 WIB
Sudirman Said Pertimbangkan 2 Putra Mbah Moen Jadi Cawagub
Sudirman Said Pertimbangkan 2 Putra Mbah Moen Jadi Cawagub
A A A
JAKARTA - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah yang diusung Gerindra, PKS dan PAN, Sudirman Said masih mempertimbangkan dua nama untuk menjadi pendampingnya di Pilgub Jateng 2018. Keduanya merupakan putra pendiri PPP KH Maimun Zubair (Mbah Moen) sekaligus yakni Gus Malik dan Gus Yasin.

"Ada dua nama yang akan menjadi calon wakil gubernur Jawa Tengah yang akan berpasangan dengan Sudirman Said. Keduanya putra KH Maimun Zubair," kata Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wahid saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (2/1/2017).

Wahid mengungkapkan, kedua putra Mbah Moen itu yani Gus Malik yang saat ini menjadi Ketua DPRD kabupaten Rembang dan Gus Yasin yang merupakan Anggota DPRD provinsi Jawa Tengah. Menurutnya, dipilihnya anak Mbah Moen itu berdasarkan hasil Halaqoh para kiai se-Jawa Tengah dan santri Pondok Pesantren Sarang.

"Dua-duanya bagus, keduanya sudah berpengalaman di legislatif. Tapi kami cuma saran mestinya Mas Dirman ambil yang berpengalaman yang kaitannya dengan Jawa Tengah, yakni Gus Yasin," katanya.

Sementara itu, Cagub Jateng Sudirman Said mengatakan, ketiga partai yang mengusung dirinya memberi mandat untuk menjaring dan menyaring kandidat Cawagub yang akan menjadi pasangan dalam Pilkada 2018.

Dalam proses penjaringan dan penyaringan ini, disepakati bahwa harus memenuhi beberapa kriteria yakni, integritas, kapabilitas, elektabilitas, dan kompatibilitas atau kecocokan yang mencakup kesamaan visi dan nilai-nilai idealisme dalam memperjuangkan kepentingan rakyat Jateng.

"Idealnya calon pasangannya adalah tokoh yang memiliki penerimaan dan akar budaya yang kuat di Jawa Tengah. Dan secara kualitatif saling melengkapi satu sama lain, dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing," kata pria yang akrab disapa Dirman ini di Hotel Ambharawa, Jakarta.

Menurut Dirman, sejauh ini telah muncul beberapa usulan nama yang semakin hari semakin diyakininya sebagai tokoh-tokoh terbaik di Jawa Tengah. Tokoh dan institusi yang mengusulkan baik. nama-nama yang diusulkan juga baik.

"Hal ini patut saya syukuri sebagai kepercayaan kepada saya, dan sebagai bentuk dukungan nyata dalam proses-proses ke depan. Proses pemilihan nama-nama ini akan difinalkan dalam pekan ini," ujarnya.

Meskipun seluruh pimpinan partai politik pengusung telah memberi mandat kepada dirinya, Dirman menegaskan dirinya akan tetap menjaga fatsun dengan terus berkonsultasi sebelum keputusan final diambil. Karena yang dipilih untuk cawagub hanya satu orang, sementara usulan nama-nama demikian banyak.

"Nama-nama yang diusulkan adalah nama-nama yang memiliki reputasi baik. Saya tentunya memerlukan pikiran dan tenaga untuk membangun Jawa Tengah," jelas mantan Menteri ESDM itu.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.7967 seconds (0.1#10.140)