Asbabun Nuzul Al Waqiah Ayat 13 dan 39 , Simak Penjelasan Lengkapnya

Rabu, 06 Desember 2023 - 19:15 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Al Waqiah Ayat 13 dan 39 , Simak Penjelasan Lengkapnya
Asbabun Nuzul Surat Al Waqiah ayat 13 dan 39 ini memiliki satu sebab yang sama. Dari sebab turunnya ayat ini umat muslim dapat mengetahui tentang sejarah dan berbagai riwayat peninggalan Islam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Asbabun Nuzul Surat Al Waqi'ah ayat 13 dan 39 ini memiliki satu sebab yang sama. Dari sebab turunnya ayat ini umat muslim dapat mengetahui tentang sejarah dan berbagai riwayat peninggalan Islam.

Dalam Surat Al Waqi'ah ayat 13 dan 39 sendiri menjelaskan tentang golongan-golongan terdahulu yang banyak dimaknai oleh ahli tafsir sebagai umat sebelum Nabi Muhammad.

Menurut buku "Asbabun Nuzul : Sebab Sebab Turunnya Ayat Al Qur'an Imam As-Suyuthi" dijelaskan bahwa ayat 13 dan 14 turun terlebih dahulu baru disusul oleh ayat 39 dan 40 untuk menenangkan hati umat muslim.

Sebab dalam ayat tersebut seakan menyebutkan jika sebagian besar dari orang terdahulu dan sebagian kecil dari orang kemudian akan berada dalam kenikmatan surga .

Allah SWT Berfirman :

ثُلَّةٌ مِّنَ ٱلْأَوَّلِينَ


Artinya : "Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu," (QS Al Waqi'ah : 13)

ثُلَّةٌ مِّنَ ٱلْأَوَّلِينَ


Artinya : "(yaitu) segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu." (QS Al Waqi'ah : 39)

Ahmad, Ibnu Mundzir, dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dengan sanad yang di dalamnya ada perawi yang tidak dikenal, dari Abu Hurairah, ia mengatakan :

Tatkala turun ayat, "Segolongan besar dari orang-orang terdahulu, dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian." (Al Waqi'ah : 13-14) Hal ini terasa berat di hati kaum muslimin. Maka turunlah ayat, "Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu, dan segolongan besar pula dari orang yang kemudian." (Al Waqi'ah : 39-40)

Ibnu Asakir meriwayatkan dalam Tarikh Dimasyq dengan sanad yang didalamnya perlu direnungkan, dari jalur Urwah bin Ruwaim dari Jabir bin Abdullah, ia mengatakan :

Tatkala turun ayat, "Apabila terjadi Hari Kiamat." (Al Waqi'ah : 1) dan disana disebut ; "Segolongan besar besar dari orang-orang terdahulu, dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian." (Al Waqi'ah : 13-14). Umar berkata "Wahai Rasulullah, segolongan besar besar dari orang-orang terdahulu, dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian."

Maka Allah menahan akhir surat hingga satu tahun lamanya. Kemudian turunlah ayat, "Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu, dan segolongan besar pula dari orang yang kemudian." (Al Waqi'ah : 39-40) Kemudian Rasulullah SAW berkata, "Wahai Umar. Kesinilah dan dengarkan apa yang telah diturunkan Allah, "Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu, dan segolongan besar pula dari orang yang kemudian."



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)