Sudirman Said: Di Dunia Politik, Pemimpin Sulit Dicari

Minggu, 31 Desember 2017 - 10:49 WIB
Sudirman Said: Di Dunia Politik, Pemimpin Sulit Dicari
Sudirman Said: Di Dunia Politik, Pemimpin Sulit Dicari
A A A
PURWOKERTO - Pemimpin berbeda dengan penguasa. Pemimpin berkaitan dengan perilaku yang meliputi integritas, kompetensi, rekam jejak (track record), prestasi, serta tanggung jawab. Sementara, penguasa, terutama di era demokrasi elektoral seperti saat ini, ukuran umumnya menyangkut soal popularitas.

Pernyataan tersebut disampaikan Bakal Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah Sudirman Said dalam acara stadium general dengan tema Menyambut Kepemimpinan Baru di Jawa Tengah di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Sabtu (30/12/2017).

Menurut Sudirman, di dunia profesional, pemimpin mudah dicari sebab ukuran-ukuran kriterianya mudah diterapkan. Sementara, di dunia politik pemimpin sulit dicari.

"Di dunia politik sulit, ukurannya populer atau tidak. Dikenal rakyat atau tidak. Karena itu proses politik harus memfasilitasi orang-orang kompeten menjadi populer, bukan sekadar memberi tempat orang populer," kata Sudirman.

Untuk itu, penyelenggara pemilu di pusat maupun daerah sangat berperan, parpol amat berperan, pengawas pemilu amat berperan, dan akhirnya civil society, termasuk aktivis mahasiswa berperan juga memberi tempat kepada orang kompeten untuk menjadi populer dan akhirnya bisa masuk menjadi penguasa melalui jalur politik.

"Kita harus mengembalikan harkat demokrasi dan politik dengan mengajak sebanyak mungkin orang baik masuk politik. Orang yang sudah selesai dengan diri sendiri. Bukan soal berapa kaya dan berapa tinggi jabatan tapi soal hati. Orang yang bisa mengatakan apa artinya cukup," jelasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1328 seconds (0.1#10.140)