Bawa Ganja 90 Kilogram, Mantan Polisi Terkapar Ditembak

Kamis, 28 Desember 2017 - 16:56 WIB
Bawa Ganja 90 Kilogram, Mantan Polisi Terkapar Ditembak
Bawa Ganja 90 Kilogram, Mantan Polisi Terkapar Ditembak
A A A
SOLOK - Penyelundupan ganja seberat 90 kilogram berhasil digagalkan jajaran Polres Solok Kota, Sumatera Barat. Seorang pelaku yang juga mantan anggota Polres Langsa, Aceh, Fachrur Rozi ditembak.

Kapolres Solok Kota AKBP Donny Setiawan menuturkan pengungkapan kasus ini berawal dari informasi adanya pengiriman barang haram tersebut dari Aceh melalui jalur darat. "Pelaku menggunakan mobil Toyota Rush warna silver bernomor polisi BA 1635 RN," kata Donny dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Kamis (28/12/2017).

Setelah mendapat informasi itu, Donny dan beberapa anggotanya langsung melakukan penghadangan di wilayah Biteh Nagari Kacang Kecamatan Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada Rabu 27 Desember 2017 sekitar pukul 20.00 WIB.

Namun ketika dihadang, pelaku malah menabrak mobil anggota polisi. "Tersangka juga sempat melempar barang bukti sebanyak satu dus berisi 20 paket besar ganja," ucap Donny.

Tersangka, sambung Donny, kemudian diketahui melarikan diri ke wilayah Jorong Lembang Nagari Singkarak, Kabupaten Solok. Kemudian saat di Pos Pengamanan Dermaga Singkarak, personel polisi lainnya kembali melakukan penghadangan.

Alhasil, polisi akhirnya melumpuhkan tersangka dengan timah panas. "Tersangka dilumpuhkan dengan tembakan ke arah kaki saat tersangka mencoba melarikan diri ke sawah," tambah Donny.

Donny menerangkan pihaknya langsung menggeledah mobil tersangka sebanyak 70 paket besar ganja. Total barang haram yang diamankan dari tersangka seberat 90 kilogram. Menurut Donny, tersangka merupakan mantan anggota Polres bernama Fachrur Rozi.

Pria yang sempat berpangkat Brigadir Polisi itu telah direkomendasikan Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH) dengan putusan sidang KKEP Polres Langsa No:Kep/10/IX/2016 tertanggal 20 September 2016. "Tersangka dan seluruh barang bukti sudah diamankan di Mako Polres Solok Kota untuk dilakukan proses lebih lanjut dan pengembangan," tandas Donny.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4030 seconds (0.1#10.140)