Mesin, Kapal Rusak, 5 Nelayan Terombang Ambing di Lautan

Kamis, 28 Desember 2017 - 14:07 WIB
Mesin, Kapal Rusak, 5 Nelayan Terombang Ambing di Lautan
Mesin, Kapal Rusak, 5 Nelayan Terombang Ambing di Lautan
A A A
SEMARANG - Lima nelayan terombang ambing di perairan laut Semarang setelah mesin kapal yang mereka tumpangi rusak, pada Senin 25 Desember pukul 17.00 WIB. Mereka harus bertahan hidup di tengah gempuran gelombang sembari menunggu bantuan.

Kapal "Ikhtisari" jenis sopek itu digunakan nelayan pencari rajungan. Dengan diawaki lima nelayan mereka berangkat dari Pelabuhan Batang. Semula perjalanan laut itu berjalan lancar, hingga mendadak mesin mati saat tiba di sekitar 18 kilometer dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Dua awak kapal berhasil diselamatkan oleh nelayan setempat yang melaut dan langsung melaporkan kejadian itu Basarnas Jateng. Setelah dilakukan pencarian, petugas akhirnya berhasil menemukan kapal nahas itu dan ditarik menggunakan kapal cepat RIB milik Basarnas Jateng.

"Tim berhasil mengevakuasi kapal tersebut pada pukul 09.30 WIB dan membawanya ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Jumlah POB sebenarnya lima orang, namun yang dua sudah dievakuasi oleh nelayan Semarang, dan merekalah yang laporan ke kami bahwa kapal mereka mati mesin dan masih ada tiga rekan mereka di kapal tersebut," ungkap Captain Kapal Basarnas Jateng, Adil Triyanto, Kamis (28/12/2017).

Kelima ABK Kapal "Ikhtiari" yakni Teguh (54), Trenggono (57), Kusharjo (48), Turlihwan (35), dan Tejo (50). Saat ini mereka telah berada di KN SAR 231 Sadewa untuk pengecekan kesehatan dan istirahat di kapal milik Basarnas tersebut. "Kapal mati mesin karena kerusakan di nozzel, pipa injektor bahan bakar, sehingga suplai BBM ke mesin terhambat," kata seorang ABK, Teguh.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3676 seconds (0.1#10.140)