Empat Parpol di Sleman Sepakat Usung Ketua DPP Gerindra Danang

loading...
Empat Parpol di Sleman Sepakat Usung Ketua DPP Gerindra Danang
Empat parpol di Sleman sepakat mengusung Danang Wicaksana Sulistya (DWS) dalam pilkada mendatang. Ilustrasi : DOK SNDOnews
SLEMAN - Empat partai politik (Parpol) di Sleman yakni Gerindra, PKB, Golkar dan PPP sepakat mengusung ketua DPP Gerindra Bidang Informasi Strategis, Danang Wicaksana Sulistya (DWS) sebagai calon bupati Sleman dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

DWS sendiri bukan orang baru dalam Pilkada Sleman. Sebab dalam Pilkada 2015, juga maju sebagai wakil bupati berpasangan dengan Yuni Satia Rahayu yang diusung oleh PDIP, Gerindra dan PKS. Dalam Pilkada itu, pasangan Yuni Danang mendapatkan suara 225/338 (43,34%) kalah dari pasangan Sri Purnomo-Sri Muslimatun yang menjadi bupati dan wakil bupati periode 2016-2021.

“Empat parpol, Gerindra, PKB, Golkda dan PPP dalam pertemuan, Kamis (6/8/2020) malam sepakat mengusung DWS maju Pilada Sleman 2020,” kata ketua DPC Gerindra Sleman Sukaptono, Jumat (7/8/2020) malam.(Baca juga : Immawan Wahyudi Mulai Gerus Basis Massa PAN)

Sukaptono menjelaskan dengan telah mengerucutnya satu nama ini, sekarang tinggal mencari siapa nama yang akan mendampingi DWS sebagai wakil bupati. Untuk nama masih dalam pembahasan. Sehingga belum mengetahui apakah berasal dari tiga partai lainnya atau dari luar kader. Karena itu untuk deklarasi menunggu belum bisa menentukan. “Setelah muncul nama wakil, segera kami deklarasikan,” jelasnya.



Gerindra, PKB, Golkar dan PPP itu memiliki 20 kursi di DPRD Sleman. Terdiri dari Gerindra dan PKB masing-masing enam kursi, Golkar lima kursi dan PPP tiga kursi. Sehingga sudah memenuhi syarat untuk mengusung calon di Pilkada.

Di Sleman sendiri, ada delapan partai yang memiliki kursi, selain empat partai itu, partai lainnya, PDIP, PAN, PKS dan Nasdem. PDIP memiliki 15 kursi, PAN dan PKS masing-masing enam kursi dan Nasdem tiga kursi. Dari empat partai ini, hanya PDIP yang bisa mengusung calon sendiri tanpa berkoalisi.(Baca juga : Siap Maju Pilkada, Immawan Dapat 'Lampu Hijau' Amien Rais)

PDIP sendiri sudah merekomendasikan pasangan Kustini dan Danang Maharsa sebagai calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Sleman 2020. Untuk tiga partai lainnya masih belum memunculkan nama.
(nun)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top