Apa Itu Tes Bakat Skolastik Beasiswa LPDP? Simak Strategi Mengerjakannya

Senin, 04 Desember 2023 - 11:49 WIB
loading...
Apa Itu Tes Bakat Skolastik Beasiswa LPDP? Simak Strategi Mengerjakannya
Tes bakat skolastik merupakan salah satu seleksi beasiswa LPDP. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Tes bakat skolastik merupakan salah satu seleksi beasiswa LPDP . Tes ini menjadi instrumen untuk menyaring pendaftar beasiswa populer yang biasanya selalu diserbu para pejuang kuliah.

Beasiswa LPDP yang terbagi atas beberapa kategori mulai dari beasiswa afirmasi, targeted hingga reguler memiliki tiga seleksi yakni seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi.

Namun tes bakat skolastik ini bisa dilewati oleh peserta beasiswa reguler yang mendaftar dengan Letter of Acceptance (LoA) unconditional yang sesuai sehingga bisa langsung lanjut ke seleksi substansi.

Baca juga: 17 Jenis Beasiswa LPDP 2024 yang Penting Diketahui, Persiapan Daftar Awal Tahun

Nah bagi yang belum punya LoA unconditional, berikut kenalan dulu yuk dengan tes bakat skolastik, dikutip dari Instagram resmi Schoters.

1. Durasi dan Jumlah Soal


Tes bakat skolastik terdiri dari tiga bagian yang harus dikerjakan selama 90 menit. Terdiri dari penalaran verbal (23 soal, 30 menit), penalaran kuantitatif (25 soal, 40 menit), dan pemecahan masalah (12 soal, 20 menit), dan ditambah tes kepribadian (40 soal, 45 menit).

2. 3 Kesalahan yang Harus Dihindari


- Manajemen Waktu Pembagian Soal

Jangan hanya berkutat di satu soal terlalu lama sebab dengan waktu yang diberikan kalian harus bisa mengerjakan satu soal kurang lebih satu menit

Baca juga: 79 Universitas Dalam Negeri Tujuan Penerima Beasiswa LPDP, Pilihan Kampus Beragam

- Kurang Latihan

Persiapkan diri dengan latihan soal dan juga teknik membaca cepat atau skimming

- Membaca kalimat penjelasan

Usahakan membaca pertanyaan dulu baru kalimat penjelasannya supaya hemat waktu pengerjaan dan langsung menemukan inti pertanyaan

3. Strategi Menghadapi Tes Bakat Skolastik


- Perbanyak latihan dari banyak bentuk dan tipe soal, perbaikin kekurangan di subtes tertentu, dan cari cara cepat menyelesaikan soal versi kalian sendiri
- Konsisten meluangkan waktu, semisal 1 hingga 2 jam per hari untuk latihan. Buat jadwal harian dan tetapkan target untuk mencapai skor tujuan
- Ikuti webinar, diskusi, atau kelas persiapan tes bakar skolastik

Demikian penjelasan mengenai tes bakat skolastik yang menjadi salah satu persyaratan beasiswa LPDP. Sebagai informasi untuk persiapan pendaftaran beasiswa lpdp tahun depan.

Untuk tes bakat skolastik di 2023, itu dimulai pada 27-29 Maret dan pengumumannya pada 5 April. Camkan tanggal ini sehingga kalian bisa melakukan persiapan semaksimal mungkin agar bisa kuliah gratis di kampus yang kalian tuju. Semoga bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3414 seconds (0.1#10.140)