Hasil Verifikasi KPU Perindo Kulonprogo Lengkap

Selasa, 19 Desember 2017 - 17:45 WIB
Hasil Verifikasi KPU Perindo Kulonprogo Lengkap
Hasil Verifikasi KPU Perindo Kulonprogo Lengkap
A A A
KULONPROGO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo siang ini melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Perindo. Ini menjadi salah satu tahapan yang harus dilalui untuk menjadi salah satu peserta pemilu. Hasilnya verifikasi parpol untuk DPD Perindo Kulonprogo dinyatakan lengkap.

Verifikasi faktual ini dilakukan di kantor DPD Perindo Kulonprogo di Jalan Raya Wates-Yogyakarta, di Gununggempal, Wates. Rombongan KPU disambut oleh Ketua DPD Perindo Kulonprogo, Suwito, Sekretaris Tanto dan beberapa pengurus yang lain.

Komisioner KPU Kulonprogo Marwanto mengatakan, verifikasi parpol ini dilakukan terhadap dua parpol baru, yakni Partai Perindo dan PSI.

Verifikasi parpol dilakukan untuk melihat kelengkapan dan struktur kepengurusan di level kabupaten, dan bertemu dengan pengurusnya. Termasuk keterwakilan 30% dalam kepengurusan partai.

Disamping itu juga untuk mencocokkan data dan berkas kantor dengan dokumen yang ada. “Ini verifikasi parpol, dan dari verifikasi untuk perindo sudah dinyatakan lengkap,” jelas Marwanto.

Menurutnya, ada tiga hal dalam verifikasi partai ini. Yakni kepengurusan partai sesuai dengan surat keputusan (SK) DPP, keterwakilan 30% perempuan dan domisili kantor yang dibuktikan dengan surta keterangan dari kepala desa.

Verifikasi faktual ini sendiri sebenarnya bisa dilakukan mulai 15 Desember hingga 4 Januari 2018. Khususya kepada partai baru yang belum pernah menjadi peserta pemilu. Sedangkan parpol lama yang tidak perlu diverifikasi.

KPU nantinya masih akan melakukan verifikasi faktual terhadap KTA. Di Partai Perindo dari sekitar 770 nantinya akan diambil 10% secara random.

Sehingga nantinya akan ada sekitar 77 yang ber KTA Perindo yang akan diverifikasi di lapangan. Jika tidak lengkap akan dicari dari KTA yang lain.

Ketua DPD Perindo Kulonprogo, Suwito mengatakan tidak ada masalah dalam verifikasi Perindo Kulonprogo. Mereka telah mempersiapkan semua berkas sebelum tim datang.

Sehingga ketika tim datang tinggal dicocokkan dnegan kebutuhan. “Semuanya sudah lengkap baik pengurus, keterwakilan perempuan maupun kantor,” jelas Suwito.

Menurutnya, berkas yang lengkap tidak lepas dari dukungan dan semangat para pengurus dan kader untuk membesarkan Perindo di Kulonprogo.

Apalagi mereka juga menargetkan bisa membentuk satu fraksi. “Kita tinggal menyiapkan verifikasi KTA dan semuanya siap,” jelasnya.

KPU juga melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga beralamat Gunung Gempal. Sekretaris PSI Martina Dina Asmarani mengatakan, dari verifikasi secara administrasi semua dokumen juga dinyatakan lengkap.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3923 seconds (0.1#10.140)