alexametrics

Banyumas-Banjarnegara Wilayah Paling Parah Terdampak Gempa Tasikmalaya

loading...
Banyumas-Banjarnegara Wilayah Paling Parah Terdampak Gempa Tasikmalaya
Gempa Tasikmalaya mengakibatkan puluhan rumah di wilayah tersebut rusak parah. Foto/Ilustrasi
A+ A-
SEMARANG - Jawa Tengah bagian Selatan menjadi wilayah paling parah terdampak gempa Tasikmalaya. Puluhan bangunan fasilitas umum hingga rumah warga di wilayah Kabupaten Banyumas dan Banjarnegara mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Di Kabupaten Banyumas, warga setempat merasakan getaran kuat dampak gempa bumi tektonik berkekuatan 6,9 Skala Richter itu yang terjadi pada pukul 23.34 WIB, Jumat (15/12/2017). Hingga Sabtu dinihari (16/12) warga setempat memilih berada di luar rumah untuk mengantisipasi adanya gempa susulan.



Data Tagana Banyumas menyebutkan, terdapat belasan bangunan rumah dan dua bangunan rumah sakit yang rusak terdampak gempa. Tercatat, rumah warga yang rusak, di antaranya milik Kuseri, warga Desa Kracak RT 06 RW 02, Ajibarang Banyumas

Kemudian, rumah Kusmirah RT 06 RW 02 Desa Kracak Ajibarang, rumah Wastuti RT 01 RW 04 Desa Windujaya Kecamatan Kedungbanteng,Rumah milik Sutarno di RT 09 RW 01 Desa Nusadadi Kecamatan Sumpiuh, rumah Sudirman RT 02 RW 02 Desa Nusadadi Kecamatan Sumpiuh

Sementara, rumah Kuatman di RT 02 RW 02 Desa Nusadadi Kecamatan Sumpiuh, ambruk pada bagian dapur dan kamar. Sedangkan rumah Rohimi di RT 02 RW 02 Desa Nusadadi Kecamatan Sumpiuh roboh pada tembok semi permanennya.
Tembok rumah Satinah warga RT 06 RW 01 Desa Nusadadi Kecamatan Sumpiuh juga ambrol karena gempa. Tembok rumah milik Jariman di RT 06 RW 01 Desa Nusadadi Kecamatan Sumpiuh juga mengalami roboh.

Kerusakan bangunan rumah juga dialami di Desa Banjarsari Kidul Kecamatan Sokaraja. Di Desa Pasiraman Lor Kecamatan Pekuncen, 17 rumah bahkan dilaporkan mengalami Kerusakan, empat rumah di antaranya rusak parah.

Komandan Tagana Banyumas Adi Candra menyebutkan, fasilitas umum yang rusak terjadi di RSUD Banyumas. Sebagian ruangan mengalami retak. Kerusakan juga dialami Rumah Sakit Siaga Medika, sebagian ruangan mengalami retak serta dinding kaca pecah.

Di Kabupaten Banjarnegara, kerusakan akibat gempa Tasikmalaya terjadi pada bangunan Bank Jateng di dekat pasar Karangkobar,Kecamatan Karangkobar.

Selain merusak bangunan Bank Jateng di Karangkobar, gempa juga merobohkan bangunan rumah warga di Desa Ambal Kecamatan Karangkobar. Selain itu, pagar rumah milik Sumaryo di Rt 3 Rw 3 Desa Ambal, runtuh terdampak gempa. Beruntung semua penghuni rumah cepat menyelamatkan diri, sehingga tak menimbulkan korban jiwa.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak