alexametrics

Setelah 3 Jam, Status Ancaman Tsunami Berakhir

loading...
Setelah 3 Jam, Status Ancaman Tsunami Berakhir
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengumumkan bahwa peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa 6,9 SR di Tasikmalaya, dinyatakan telah berakhir.Foto/Istimewa
A+ A-
TASIKMALAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengumumkan bahwa peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa 6,9 SR di Tasikmalaya, dinyatakan telah berakhir Sabtu (16/12/2017) sekitar pukul 02.26 WIB.

"Peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa 6.9 SR di Tasikmalaya, pada Jumat, 15 Desember 2017 pukul 23.47 WIB, dinyatakan telah berakhir," cuit Twitter resmi @BMKG, Sabtu (16/12/2017).

Seperti dilaporkan sebelumnya, BMKG mencatat gempa berkekuatan 6,9 SR terjadi pada Jumat, 16 Desember pukul 23.47 WIB di 7,75 LS dan 108,11 bujur timur sekitar 11 kilometer barat daya dari Kabupaten Tasikmalaya pada kedalaman 107 kilometer di bawah permukaan laut. Gempa mengakibatkan kerusakan parah di sejumlah wilayah dan peringatan potensi tsunami di daerah sepanjang Pantai Selatan Jawa.

Berdasarkan laporan BMKG, daerah yang perlu mewaspadai potensi terjadinya tsunami di antaranya adalah Kabupaten Garut, Jawa Barat status waspada, Tasikmalaya, Jawa Barat status Siaga, Sukabumi Jawa Barat status Waspada.

Daerah lain yang mendapatkan status siaga di antaranya Ciamis, Jawa Barat, Status Siaga, Kebumen Jawa Tengah status waspada, Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta status waspada, Cilacap, Jawa Tengah status waspada.

Masyarakat di wilayah yang terkena dampak gempa berkekuatan 6,9 skala Richter (SR) yang terjadi di Tasikmalaya diminta untuk tetap waspada, terutama yang tinggal di wilayah pantai. Pasalnya, wilayah-wilayah tersebut masih berpotensi terjadi tsunami.
(wib)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak