Aspal Campur Plastik Diuji Coba di Tol Tangerang-Merak

Kamis, 14 Desember 2017 - 22:12 WIB
Aspal Campur Plastik Diuji Coba di Tol Tangerang-Merak
Aspal Campur Plastik Diuji Coba di Tol Tangerang-Merak
A A A
SERANG - Penggunaan aspal campur limbah plastik diuji coba di tol Tangerang-Merak, tepat di rest area Km 43 sepanjang 100 meter dengan lebar 15 meter dan ketebalan perkerasan 5 cm. Penggunaan aspal plastik di jalan tol ini merupakan invobasi yang pertama kali dilakukakan di ruas tol Tangerang-Merak.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Sunarto Sastrowiyoto mengatakan, pemanfaatan limbah plastik pada campuran aspal merupakan inovasi yang baik pada pengembangan jalan. “Ini merupakan pertama kalinya penerapan campuran aspal menggunakan limbah plastik pada jalan tol yang padat dengan kendaraan. Kami berharap dapat berjalan dengan baik," kata Sunarto, Kamis (14/12/2017).

Dibutuhkan sekitar 150 ton aspal bersama campuran limbah plastik sebanyak 6% dari total aspal tersebut atau sekitar 600 kg. Aspal inovasi baru ini didatangkan dari Bandung, Jawa Barat.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR Danis Sumadilaga menambahkan, dengan penambahan 6% limbah plastik pada campuran aspal akan meningkatkan stabilitas sebanyak 40% dan lebih tahan terhadap deformasi serta retak lelah.

“Penerapan limbah plastik dalam campuran beraspal di rest area tol Merak ini merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian kegiatan uji coba penerapan pada 2017,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0488 seconds (0.1#10.140)