alexametrics

Festival Oleh-oleh Tabagsel Akan Pamerkan Puluhan Makanan Khas

loading...
Festival Oleh-oleh Tabagsel Akan Pamerkan Puluhan Makanan Khas
Dr Kiman Siregar memperlihatkan sebagian kecil produk makanan khas yang akan dipamerkan pada Festival Oleh-oleh Tabagsel. Foto/Zia Nasution
A+ A-
PADANGSIDIMPUAN - Tabagsel Institut akan memamerkan puluhan jenis makanan, kerajinan dan budaya khas Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), yang meliputi Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Mandailing Natal (Madina), Padanglawas Utara (Paluta) dan Padanglawas (Palas), Sumatera Utara.

Puluhan makanan khas asal Tabagsel yang akan dipamerkan seperti, bolu salak, alame (dodol), keripik salak, kora koling, beteng-beteng, sambal taruma, holat, ikan sale. Sedangkan hasil kerajinan di antaranya, tenun dan batik Madina.

Ketua Panitia Festival Oleh-oleh Tabagsel, Dr Kiman Siregar mengatakan, kegiatan ini digelar pada 15-17 Desember di pusat Kota Padangsidimpuan. Kegiatan ini bertujuan untuk memamerkan produk-produk atau oleh-oleh (silua) Tabagsel seperti, makanan, minuman, kerajinan dan budaya.



"Tujuan utamanya untuk memamerkan produk asal Tabagsel," ujarnya di sekretariat panitia, Bolu Salak Kenanga, Jalan Kenanga, Kota Padangsidimpuan.

Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyelesaikan masalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang selama ini menjadi kendala para pelaku untuk mengembangkan usahanya. Selama ini ada beberapa kendala bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan produknya seperti, tekhnologi, pemasaran.

"Melalui Festival Oleh-oleh Tabagsel ini diharapkan akan memudahkan pelaku UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal," imbuh alumni IPB tersebut.

Selain memamerkan produk, kegiatan itu juga akan ditambah dengan adanya Seminar Nasional UMKM dan Ekonomi Kreatif Tabagsel dengan menghadirkan pembicara seperti Azhar Lubis, Deputi BPKM Ariel Bangun Sitohang, PR Bank BNI, Asri Mufti Aziz, menejer pemasaran Bank BRI Padangsidimpuan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang sudah mendukung kegiatan Festival Oleh-oleh Tabagsel ini," tandasnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak