Kiki Fatmala Idap Kanker Paru Stadium 4, Ini Penyebab dan Komplikasi yang Harus Diwaspadai

Jum'at, 01 Desember 2023 - 11:13 WIB
loading...
Kiki Fatmala Idap Kanker Paru Stadium 4, Ini Penyebab dan Komplikasi yang Harus Diwaspadai
Kiki Fatmala mengalami komplikasi akibat kanker paru yang diidapnya. Sebelumnya, Kiki sempat mengumumkan bahwa dirinya mengidap kanker paru stadium empat. Foto/Instagram Kiki Fatmala
A A A
JAKARTA - Kiki Fatmala mengalami komplikasi akibat kanker paru yang diidapnya sejak beberapa tahun lalu. Sebelumnya, Kiki sempat mengumumkan bahwa dirinya mengidap kanker paru stadium empat.

Kiki mengetahui mengidap kanker paru stadium empat pada 19 November 2021 setelah menjalani pemeriksaan kesehatan. Saat itu, dia sangat terpuruk dan harus menjalani serangkaian pengobatan demi kesehatannya.

Memilih pengobatan di Singapura, Kiki mengatakan harus menjalani radioterapi, kemotrapi, dan terapi imun untuk mengatasi kanker di tubuhnya. Kemudian pada April 2022, dia pun akhirnya dinyatakan sembuh dari kanker paru.

Kiki Fatmala meninggal dunia hari ini, Jumat (1/12/2023). Dia mengembuskan napas terakhirnya pada usia 56 tahun. Berdasarkan keterangan keluarga, Kiki meninggal karena komplikasi kanker yang diidapnya.





Dilansir Mayo Clinic, kanker paru merupakan penyebab utama kematian akibat kanker di seluruh dunia. Orang yang merokok memiliki risiko paling besar terkena penyakit ini. Meski demikian kanker paru juga bisa terjadi pada orang yang tidak pernah merokok.

Penyebab Kanker Paru


Risiko kanker paru-paru meningkat seiring dengan lamanya waktu dan jumlah rokok yang dihisap. Saat Anda menghirup asap rokok yang kaya akan zat penyebab kanker yakni karsinogen, perubahan pada jaringan paru-paru pun terjadi.

Pada awalnya tubuh Anda dapat memperbaiki kerusakan ini. Namun seiring dengan paparan yang berulang-ulang, sel-sel normal yang melapisi paru-paru Anda semakin rusak. Kerusakan ini pun menyebabkan sel-sel bertindak tidak normal dan akhirnya kanker dapat berkembang.

Dokter membagi kanker paru menjadi dua jenis utama berdasarkan penampakan sel kanker paru-paru di bawah mikroskop. Berikut di antaranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)