Bagaimana Mengejar Nilai Kuliah? Begini Cara Menghitung IPK Mahasiswa

Kamis, 30 November 2023 - 10:28 WIB
loading...
Bagaimana Mengejar Nilai Kuliah? Begini Cara Menghitung IPK Mahasiswa
Agar bisa memperkirakan berapa nilai yang harus didapat selama kuliah, seorang mahasiswa hendaknya bisa mengetahui bagaimana cara menghitung Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini cara menghitung IPK yang wajib diketahui mahasiswa. Kalau waktu SMA dikenal nilai rapot yang berisi nilai siswa, maka di perguruan tinggi dikenal yang dinamakan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Secara sederhana IPK adalah nilai akumulasi mahasiswa selama masa kuliah. Atau dengan kata lain ‘rapot’ ala mahasiswa. Nilai IPK bisa menjadi salah satu penilaian terhadap proses belajar mahasiswa. Lalu darimana nilai IPK berasal? Bagaimana cara menghitungnya? Artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya?

Cara Menghitung IPK yang Wajib Diketahui Mahasiswa


1. Pahami Dulu Bobot Penilaian IPK/IPS


Baik IPK mapun IPS (indeks prestasi semester) memiliki nilai skala 0 hingga 4. Angka 0 merupakan penilaian terendah dan angka 4 merupakan prestasi tertinggi.

Penilaian yang didasarkan pada kehadiran di kelas, nilai ujian mid semester dan semester, dan juga nilai tugas kamu ini memiliki perwakilan huruf untuk tiap-tiap angka.



Kalau kamu dapat nilai A, itu artinya kamu mendapat nilai tertinggi atau 4. Nilai B sama dengan nilai 3, nilai C memiliki nilai 2, dan nilai D memiliki angka 1.

Sedangkan, kalau kamu dapat nilai E, itu artinya kamu mendapat nilai 0 alias zonk. Di kebanyakan universitas, mendapat nilai D dan E berarti tidak lulus dan harus mengulang mata kuliah tersebut di lain semester.

2. Hitung Dulu IPS untuk Tiap Semester


Untuk menghitung IPS, kalikan SKS mata kuliah dengan bobot nilainya. Setelah itu, jumlahkan semuanya kemudian bagi hasilnya dengan total SKS yang ditempuh selama semester tersebut.

Misalnya kamu semester ini ambil mata kuliah umum Bahasa Indonesia, SKS pada mata kuliah tersebut adalah 2. Di akhir semester, nilai kuliah kamu untuk mata kuliah tersebut ternyata adalah A. Maka, cara menghitung nilai/mutu mata kuliah Bahasa Indonesia kamu adalah: 2 (jumlah SKS) x 4 (karena nilai A berbobot 4).

Jadi, nilai = 2×4 dan hasilnya adalah 8. Misalnya dalam semester ini, kamu mengambil 5 mata kuliah dan nilainya keluar seperti ini:

1. Mata kuliah A memiliki 3 SKS dan mendapat A. Berarti nilainya 12.

2. Mata kuliah B memiliki 2 SKS dan mendapat B. Berarti nilainya 6.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)