Hijaukan Jakarta, JIEP Dukung Gerakan Tanam Pohon Bersama

Rabu, 29 November 2023 - 12:30 WIB
loading...
Hijaukan Jakarta, JIEP Dukung Gerakan Tanam Pohon Bersama
Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) mendukung gerakan penanaman pohon di Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023). FOTO/Antara Photo
A A A
JAKARTA - Upaya engatasi perubahan iklim, pemanasan global, dan penanganan polusi udara di DKI Jakarta, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung mendukung penuh Gerakan Tanam Pohon Bersama.

Kegiatan yang merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan Pemprov DKI Jakarta itu berlangsung di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Rabu (29/11/2023).

Plh Direktur Utama PT JIEP Dharma Satriadi menyampaikan, dari total 744 pohon yang ditanam, JIEP menyumbang sekitar 200 pohon, yang terdiri dari 150 pohon ketapang kencana dan 50 pohon trembesi mas. Adapun lokasi penanaman pohon disediakan seluas 1,5 hektare.

"JIEP dukung 200 pohon yang memang secara khusus kita kurasi sesuai rencana pengembangan areal hutan kota ini untuk menjadi epicentrum Ruang Terbuka Hijau baru di DKI Jakarta nantinya," ujar Dharma.



Dia menambahkan, saat ini hutan kota mereka seluas 8,9 hektar dan nantinya setelah penanaman akan dilakukan program penanaman pohon secara menyeluruh dan akan difungsikan sebagai taman kota yang dilengkapi dengan fasilitas jogging track yang bisa dimanfaatkan para karyawan dan masyarakat sekitar.

"Penanaman pohon akan kita lakukan secara menyeluruh di lokasi Hutan Kota JIEP. Hal ini sekaligus mendukung penanganan polusi di Jakarta. Nanti kita tambah dengan fasilitas jogging track agar bisa untuk olahraga," jelasnya.



Mereka bahkan memiliki masterplan untuk menjadikan ruang terbuka hijau terluas di DKI Jakarta seluas 90 hektare di masa mendatang. Areal terbuka hijau tersebut direncanakan akan terdiri dari danau dan hutan kota sehingga bisa diandalkan sebagai paru-paru kota Jakarta yang baru.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)