alexa snippet

Bupati Purawakarta Lantik 7 Kades yang Baru Beberapa Jam Terpilih

Bupati Purawakarta Lantik 7 Kades yang Baru Beberapa Jam Terpilih
Pelantikan tujuh kepala desa (kades) terpilih hasil pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berlangsung secara cepat. Koran SINDO/Asep
A+ A-
PURWAKARTA - Pelantikan tujuh kepala desa (kades) terpilih hasil pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berlangsung secara cepat, Kamis (7/12/2017) malam.

Hanya selang beberapa jam sejak pengumuman pemenang pilkades, mereka langsung diboyong ke Taman Maya Datar untuk mengikuti prosesi pelantikan. Langkah Pemkab Purwakarta yang menyegerakan pelantikan ini merupakan kedua kalinya.

Sebagaimana diketahui, sepanjang Kamis diang, tujuh desa masing-masing Desa Cianting (Kecamatan Sukatani), Desa Mekargalih, Jatimekar (Kecamatan Jatiluhur), Desa Cipeundeuy (Kecamatan Bojong), Desa Liunggunung, Linggasari (Kecamatan Plered), dan Desa Sukajadi (Kecamatan Pondoksalam), secara serentak menggelar pilkades.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam pelantikan itu meminta agar tujuh kades terpilih untuk sowan kepada calon kades yang tidak terpilih. Langkah tersebut dilakukan dalam rangka merajut kembali soliditas para tokoh masyarakat di perdesaan.

"Sebelum memulai tugas sebagai kepala desa, sowanlah kepada calon yang kalah. Kondusifitas harus terus dijaga. Persaudaraan harus terus direkatkan. Juga tidak boleh ada konflik," ucap Dedi dalam sambutannya.

Janji kampanye kepala desa yang disampaikan kepada masyarakat juga menjadi sorotan Bupati Purwakarta dua periode tersebut. Dia mengingatkan agar kepala desa menunaikan janji kampanye yang sudah dibuat. Kata dia, janji tersebut merupakan kontrak kepala desa dengan masyarakat selama mereka menjabat.

"Inventarisasi satu per satu masalah yang ada di desa sekaligus buat solusinya. Cari solusi masalah air bersih. Selesaikan persoalan rumah masyarakat miskin. Selesaikan masalah prioritas pembangunan. Jalankan visi dan misi Anda yang kemarin secara lantang disampaikan kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekargalih terpilih, Muhammad Muhyi mengatakan, pihaknya siap menjalankan amanat Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Visi dan misi yang dia sampaikan selama masa kampanye, secara bertahap dilaksanakan per triwulan.

"dari Pak Bupati kita laksanakan bersama masyarakat. Karena, saya di Mekargalih, selama ini mengutamakan partisipasi warga. Bahkan, sejak sebelum jadi kepala desa," kata kades terpilih yang berhasil mengalahkan petahana tersebut.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top