Momen Luhut Hormat ke Jokowi hingga Peluk Menantunya Maruli Simanjutak usai Pelantikan KSAD

Rabu, 29 November 2023 - 15:13 WIB
loading...
Momen Luhut Hormat ke Jokowi hingga Peluk Menantunya Maruli Simanjutak usai Pelantikan KSAD
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hormat kepada Presiden Jokowi usai pelantikan Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai KSAD di Istana Negara, Rabu (29/11/2023). FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) resmi melantik Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Rabu (29/11/2023). Maruli menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang diangkat menjadi Panglima TNI.

Usai pelantikan, Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Maruli. Saat Jokowi berbincang dengan Maruli, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan istri kemudian menghampiri.

Luhut yang merupakan mertua Maruli Simanjuntak langsung memberikan hormat kepada Presiden Jokowi. Keduanya lalu berbincang sebentar. Setelahnya Luhut langsung menghampiri Maruli, menantunya.

Momen Luhut Hormat ke Jokowi hingga Peluk Menantunya Maruli Simanjutak usai Pelantikan KSAD

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memeluk menantunya Jenderal TNI Maruli Simanjuntak usai dilantik menjadi KSAD di Istana Negara, Rabu (29/11/2023). FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO

Luhut langsung memeluk Maruli dan memberikan ucapan selamat. Terlihat senyum bangga Luhut terpancar melihat Maruli dilantik menjadi KSAD.

Setelahnya Luhut pergi ke arah samping meninggalkan Maruli Simanjuntak. Selanjutnya para pejabat negara yang hadir menyusul memberikan ucapan selamat kepada Maruli.

Pelantikan Maruli Simanjuntak sebagai KSAD didasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

"Demi Tuhan saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi yang ditirukan Maruli.



"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung tinggi etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjujung tinggi sumpah prajurit, kiranya Tuhan menolong saya," ucap Jokowi yang diikuti Maruli.

Selain Luhut, hadir dalam pelantikan KSAD, Menko Polhukam Mahfud MD, Menhan Prabowo Subianto, Mendagri Tito Karnavian, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan KSAL Muhammad Ali.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)