alexa snippet

Pemkab Lamongan Targetkan 33 Puskesmas Terakreditasi

Pemkab Lamongan Targetkan 33 Puskesmas Terakreditasi
Foto/Ilustrasi/Koran SINDO
A+ A-
LAMONGAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur, menargetkan peningkatan pelayanan di bidang kesehatan. Kabupaten berjuluk Kota Soto itu akan mempercepat akreditasi layanan untuk semua puskesmas.

Data Dinas Kesehatan Lamongan, saat ini ada 33 puskesmas sekabupaten. Dari jumlah itu yang sudah terakreditasi peningkatan layanan kesehatan masyarakat mencapai 22 puskesmas. Sedangkan targetnya, tahun ini sudah tuntas semua.

“Terkait peningkatan kinerja layanan kesehatan, dari 33 Puskesmas yang ada saat ini sudah 22 yang terakreditasi. Kami targetkan tahun ini sudah tuntas akreditasinya,” ujar Bupati Lamongan, Fadeli, Kamis (7/12/2017).

Menurut Fadeli, akreditasi itu akan mampu meningkatkan mutu pelayanan, baik promotif maupun preventif. Karena itu, akreditasi menjadi sesuatu yang sangat penting. Apalagi, layanan kesehatan menjadi kebutuhan utama masyarakat Lamongan.

“Wilayah Lamongan itu cukup luas, karenanya masyarakat saat membutuhkan layanan kesehatan tidak perlu ke rumah sakit pemerintah. Tetapi cukup ke puskesmas-puskesmas, makanya perlu akreditasi sehingga layanannya dapat ditingkatkan,” jelas Fadeli.

Fadeli menambahkan, apabila peningkatan layanan kesehatan itu juga bagian dari upaya menaikkan rapor Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Harapannya, penilaian SAKIP agar memperoleh nilai yang lebih tinggi, sehingga menjadi prioritas. Mengingat, SAKIP merupakan bagian dari penerapan anggaran berbasis kinerja, perfomance based budgeting.

“Ini berarti setiap dana yang dikeluarkan harus dapat dikaitkan dengan kinerja yang dihasilkan. Sehingga SAKIP harus terintegrasi dalam penganggaran,” pungkasnya.  
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top