alexa snippet

Tiga Ekor Anjing K-9 Diserahkan ke Polres Pekalongan

Tiga Ekor Anjing K-9 Diserahkan ke Polres Pekalongan
Menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kepolisian Resor Pekalongan menerima bantuan tiga ekor anjing K-9 dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri. Foto/MNC Media/Suryono
A+ A-
PEKALONGAN - Menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kepolisian Resor Pekalongan menerima bantuan tiga ekor anjing K-9 dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri.

Jenis anjing yang diserahkan ke Polres Pekalongan dua ekor di antaranya anjing malinois, sementara seekor lainnya adalah anjing herder. Ketiga anjing tersebut berkelamin betina.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan mengatakan, Polres Pekalongan bisa memiliki unit keamanan yang melibatkan anjing K-9 dalam setiap kerjanya.  

Kasat Sabhara Polres Pekalongan AKP Prisandi Tiar mengatakan, anjing herder secara khusus akan diberi latihan guna untuk mengantisipasi demonstrasi anarkis. Anjing terlatih ini akan diturunkan jika keadaan dan kondisi benar-benar tidak kondusif.

Sementara, anjing malinois yang memiliki badan yang lebih ramping dan lebih kecil, akan dimanfaatkan untuk menjadi detektor kebakaran, narkoba, dan bahkan bisa mencium keberadaan orang yang menjadi korban perdagangan manusia.

Dia menambahkan, anjing memiliki kelebihan sendiri dalam hal indra penciuman hingga ratusan kali dari indra penciuman manusia, bahkan bisa dalam radius beberapa ratus meter. "Anjing ini nantinya yang akan membantu Satreskoba saat akan turun ke lapangan," katanya.

Unit Satwa K-9 yang dimiliki Polres Pekalongan juga dipastikan akan ikut dalam kegiatan pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru. Unit K-9 juga akan ikut razia Satlantas Polres Pekalongan. "Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya pengendara yang membawa sabu saat razia digelar."
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top