Banjir Rendam 3 Kecamatan di Aceh Selatan, Ratusan Warga Mengungsi

Kamis, 07 Desember 2017 - 03:18 WIB
Banjir Rendam 3 Kecamatan di Aceh Selatan, Ratusan Warga Mengungsi
Banjir Rendam 3 Kecamatan di Aceh Selatan, Ratusan Warga Mengungsi
A A A
ACEH - Ribuan rumah di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, terendam banjir hingga mencapai ketinggian 1 meter lebih. Selain merendam permukiman warga, banjir juga melumpuhkan akses darat di tiga kecamatan serta memaksa ratusan warga harus dievakuasi ke posko penampungan korban banjir diwarnai tangisan histeris anak-anak.

Curah hujan yang tinggi dalam kurun waktu sepekan terakhir menyebabkan meluapnya Sungai Gelombang, Aceh Selatan. Akibatnya tiga kecamatan yang berada di Kabupaten Aceh Selatan terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter lebih.

Warga yang berada di tiga kecamatan yakni, Kecamatan Kota Bahagia, Trumon Timur dan Trumon Tengah tepaksa dievakusasi TIM SAR gabungan yang terdiri dari personel TNI, Polri, SAR Aceh Selatan serta BPBD. Dua desa yang terparah terkena banjir meliputi Desa Lhok Raya dan Cot Bayu.

"Ketinggian banjir sudah mencapai 2 meter. Aktivitas warga lumpuh total, dan banyak yang mengungsi," kata Faridah salah satu korban banjir kepada MNC Media pada Rabu, 6 Desember 2017 kemarin.

Saat ini pemerintah daerah melaui BPBD dan Dinas Sosial sudah mendirikan posko pengungsian sebanyak empat tenda, dan satu dapur umum yang dibangun di lokasi Kompi Brimob Trumon. Di posko ini, pengungsi sudah mencapai ratusan jiwa.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9097 seconds (0.1#10.140)