Suara Dentuman Keras Terdengar dari Gunung Anak Krakatau, Ini Penjelasan PVMBG

Selasa, 28 November 2023 - 22:07 WIB
loading...
Suara Dentuman Keras Terdengar dari Gunung Anak Krakatau, Ini Penjelasan PVMBG
Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi disertai suara dentuman sejak Minggu (26/11/2023) malam. Foto/PVMBG
A A A
LAMPUNG SELATAN - Suara dentuman keras terdengar dari Gunung Anak Krakatau. Munculnya suara dentuman dari Gunung Anak Krakatau ini, muncul bersamaan dengan erupsi yang terjadi sejak Minggu (26/11/2023) malam.



Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, munculnya suara dentuman dari dalam Gunung Anak Krakatau tersebut, adalah bagian dari pembentukan dari badan Gunung Anak Krakatau.



Kepala Pos Pemantauan Gunung Anak Krakatau Lampung, Andi Suwardi mengatakan, proses erupsi yang terjadi sejak Minggu (26/11/2023), terus terjadi hingga Selasa (28/11/2023), dinilai masih dalam kategori normal.



"Semua masih dalam kategori normal. Ketika erupsi kadang terdengar suara dentuman dan kebetulan warga Pulau Sebesi, adalah desa terdekat dengan Gunung Anak Krakatau, jadi sering mendengarkan suara dentuman tersebut," ujar Andi, Selasa (28/11).

Lebih lanjut Andi menuturkan, suara dentuman tersebut merupakan bagian pembentuk tubuh Gunung Anak Krakatau, paska erupsi di tahun 2018 yang sempat menimbulkan tsunami. "Saat ini Gunung Anak Krakatau tengah mengalami proses membangun kembali tubuhnya," jelasnya.



Disinggung soal sampai kapan proses pembentukan tubuh Gunung Anak Krakatau. Andi menyatakan proses tersebut akan berlangsung cukup lama. "Yang jelas cukup lama proses pembentukan tubuh ini," ucapnya.

Sebelumnya, warga Pulau Sebesi, Kabupaten Lampung Selatan, mengaku mendengar suara dentuman keras yang berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Suara dentuman tersebut terdengar seperti suara ledakan bom. Namun warga mengaku sudah terbiasa terhadap suara tersebut, sehingga mereka masih beraktifitas seperti biasanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3411 seconds (0.1#10.140)