Profil Gianni Versace, Pendiri Brand Mewah yang Mendunia

Selasa, 28 November 2023 - 19:19 WIB
loading...
Profil Gianni Versace, Pendiri Brand Mewah yang Mendunia
Gianni Versace adalah sosok di balik pendirian perusahaan mode asal Italia, Versace, di tahun 1980 dan 1990-an. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gianni Versace adalah sosok di balik pendirian perusahaan mode asal Italia, Versace, di tahun 1980 dan 1990-an. Terkenal akan berbagai jenis produk di bidang mode, seperti pakaian, parfum, aksesori, riasan wajah, hingga furnitur rumah, membuat Versace masuk ke dalam jajaran luxury brand terkemuka di dunia hingga saat ini.

Dilansir dari laman Biography, Selasa (28/11/2023), Gianni Versace pertama kali meluncurkan clothing line di Milan, Italia, pada 1978. Di tahun 1989, Versace pertama kali meluncurkan koleksi pakaiannya. Seiring waktu, Versace pun menambahkan koleksinya dengan merilis furnitur rumah tangga dan parfum.

Sepanjang kariernya, Versace pernah merancang untuk bintang dunia seperti Madonna, Putri Diana, Elton John, dan Tina Turner.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang perancang busana pendiri brand Versace ini, berikut ulasan mengenai profil Gianni Versace.

Profil Gianni Versace

Giovanni Maria “Gianni” Versace lahir pada 2 Desember 1946 di Reggio Calabria, Italia. Versace memiliki tiga saudara kandung yaitu Santo Versace, Donatella Versace, dan Tina Versace yang meninggal pada usia 12 tahun.

Gianni Versace tumbuh dekat dengan dunia desain, di mana ibunya merupakan seseorang yang memiliki bisnis pembuatan pakaian. Setelah lulus sekolah, Gianni membantu sang ibu bekerja di bidang tersebut.

Pada 1972, Gianni pindah ke Milan, di mana dia memulai karir desainnya. Gianni mulai bekerja secara freelance untuk label Italia seperti Genny, Callaghan, dan Complice. Lalu, Gianni Versace meluncurkan koleksi pakaian wanita pada 1978.

Selain pakaian, Versace menambahkan koleksinya di bidang lain. Ia meluncurkan signature parfume-nya pada 1991 dan furnitur rumah tangga pada 1993. Gianni Versace juga meluncurkan banyak buku, di antaranya Rock and Royalty, The Art of Being You, dan Men Without Ties.

Versace terkenal akan gayanya yang glamor dan sering menggunakan bahan yang inovatif seperti aluminium atau teknik seperti laser “neo-couture” untuk menggabungkan kulit dan karet. Versace menggunakan kepala Medusa sebagai ikonnya untuk setiap produk yang dihasilkan hingga saat ini.

Salah satu karya Gianni Versace yang terkenal adalah gaun hitam dengan pin berwarna emas yang digunakan Elizabeth Hurley untuk acara pemutaran perdana sebuah film pada 1994. Gianni Versace lalu menambah relasi dengan bintang dunia dan merancang pakaian untuk mereka.

Hasil karya Versace banyak dipajang di berbagai museum seperti Chicago’s National Field Museum, London’s Royal College of Art, Japan’s Kobe City Museum, dan Germany’s Kunstgewerbemuseum.

Gianni Versace meninggal dunia pada 15 Juli 1997 di Miami, Florida, dalam usia 50 tahun. Penyebab dia meninggal dunia adalah penembakan yang dilakukan oleh Andrew Cunanan, yang delapan hari kemudian juga ditemukan meninggal dunia di sebuah boat house di pantai Miami.

Beberapa kebaktian dilakukan untuk Gianni Versace, termasuk di New York’s Metropolitan Museum of Art. Nama-nama besar di bidang mode seperti Anna Wintour, Ralph Lauren, Calvin Klein, dan Marc Jacobs turut menghadiri prosesi tersebut. Whitney Houston dan Jon Bon Jovi juga menjadi penampil untuk memberi penghormatan terakhir kepada Gianni Versace.

Hingga saat ini, Versace masih berkiprah di industri mode dunia dengan peminat yang sangat banyak. Sepeninggal Gianni Versace, kini Versace dilanjutkan oleh adik kandungnya, Donatella Versace, dan masih terus meluncurkan koleksi terbaru mereka. MG/Miracle Tania
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)