Dibantu Pemda, Penderita Obesitas Dibawa ke RSUD Karawang

Senin, 04 Desember 2017 - 16:08 WIB
Dibantu Pemda, Penderita Obesitas Dibawa ke RSUD Karawang
Dibantu Pemda, Penderita Obesitas Dibawa ke RSUD Karawang
A A A
KARAWANG - Yudi Hermanto (33) warga Desa Sirnabaya Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, penderita obesitas akhirnya menjalani perawatan di RSUD Karawang. Pria dengan berat 310 kilogram ini dalam setahun ini menderita sakit akibat penyakit obesitas (kegemukan) yang dideritanya.

Dia tidak bisa berobat untuk memeriksa penyakitnya karena faktor ekonomi tidak mampu. Namun, Yudi Hermanto akhirnya dirawat di RSUD setelah pemerintah daerah turun tangan membantu biayanya.

Ketika ditemui di RSUD, Senin (4/12/2017), Yudi Hermanto mengungkapkan penyakit obesitas mulai dirasakannya sekitar satu tahun belakang. Dia mengaku bobot badannya terus naik hingga saat ini mencapai 310 kilogram setelah pihak rumah sakit menimbang berat badannya.

"Saya baru tahu kalau berat badan saya sedemikain berat karena timbangan di rumah sudah tidak cukup untuk menimbang saya lagi." katanya.

Menurut Yudi penyakit obesitas ini mulai dirasakan menganggu sejak setahun belakangan. Saat itu dirinya bekerja di perusahaan catering. Dia selalu memakan makanan yang kelebihan untuk dikirim ke pelanggan perusahaannya. Sejak saat itu dia merasakan tubuhnya semakin tambun.

"Saya memang bakat gemuk tapi tidak seperti ini, berat saya waktu itu cuma 110 kilogram itu sudah paling tinggi. Tapi sekarang malah terus bertambah dengan cepat saya tidak tahu kenapa," katanya.

Yudi mengaku bingung dengan pertumbuhan badannya yang semakin cepat. Dia sempat meminta orang tuanya untuk ke dokter, tapi karena tidak punya uang makanya dia biarkan penyakitnya terus tumbuh.

"Saya sempat putus asa dengan penyakit saya ini, tapi mau bagaimana lagi memang kita tidak punya uang. Saya bilang ke orang tua saya jangan mikirin saya lagi, biar ini urusan saya untuk menjalaninya," katanya.

Yudi mengaku kaget setelah mendapat kabar jika penyakit yang dideritanya ini akan diobati pemerintah daerah. Saat tiba di RSUD Yudi langsung ditemui Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamaksyari saat akan menjalani pemeriksaan.

Ahmad Zamaksyari mengatakan, pemerintah akan menanggung seluruh biaya pengobatan Yudi selama menjalani perawatan di RSUD. Bahkan jika harus dirujuk ke rumah sakit lain di luar Karawang pemerintah akan tetap membiayai perawatan Yudi hingga dinyatakan sembuh.

"Kami pemerintah prihatin dengan penyakit yang diderita Yudi ini. Semoga saja dengan perawatan intensif dari tim medis bisa segera pulih. Seluruh biaya perawatan Yudi selama di rumah sakit akan ditanggung pemerintah daerah. Untuk keluarganya yang menunggu di rumah sakit juga akan kita bantu," katanya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1026 seconds (0.1#10.140)