Ridwan Kamil dan Partai Pengusung Sepakati Konvensi untuk Tentukan Cawagub

Senin, 04 Desember 2017 - 14:27 WIB
Ridwan Kamil dan Partai Pengusung Sepakati Konvensi untuk Tentukan Cawagub
Ridwan Kamil dan Partai Pengusung Sepakati Konvensi untuk Tentukan Cawagub
A A A
BANDUNG - Bakal cagub Jabar Ridwan Kamil dan partai pengusungnya akan menggelar konvensi demi mencari sosok cawagub untuk bertarung di Pilgub Jawa Barat 2018. Hal itu dilakukan agar keinginan masing-masing parpol menjadikan kadernya sebagai cawagub bisa difasilitasi lebih terbuka.

Ketua DPD Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan konvensi itu bukan hanya diinginkan Emil, tapi, konvensi sudah disetujui oleh semua parpol pengusung Emil (sapaan Ridwan Kamil), yaitu NasDem, PKB, PPP, dan Golkar. "Konvensi sendiri akan ada dua tahap," kata Saan saat dihubungi, Senin (4/12/2017).

Tahap pertama, konvensi akan melibatkan sejumlah tokoh. Mereka yang nantinya bakal menguji kelayakan para kandidat cawagub, mulai dari integritas, kemampuan, hingga soal program kerja jika jadi diusung sebagai cawagub.

"Tahap kedua, setelah oleh para tokoh, maka akan melibatkan masyarakat. Kita lihat responsnya seperti apa, nanti lewat survei," katanya.

Hasil dari dua tahap konvensi itu menurutnya akan dijadikan salah satu pertimbangan Emil untuk menentukan cawagub. Pertimbangan dari partai pengusung pun akan dipikirkan meski otoritas pemilihan cawagub ada di tangan Emil sendiri.

Soal sosok cawagub, masing-masing parpol diberi kebebasan untuk menyodorkan kandidatnya. Bahkan, Emil juga diberi kebebasan jika ingin menyodorkan sosok cawagub yang diinginkan untuk 'dipertarungkan' lebih dahulu melalui konvensi.

Dalam waktu dekat, semua parpol pengusung Emil pun bakal segera berkumpul. Salah satu pembahasannya adalah menentukan waktu pelaksanaan konvensi. Pembahasan lainnya adalah terkait upaya pemenangan di pilgub mendatang.

Seperti diberitakan, sejauh ini parpol pengusung Emil berkukuh menginginkan kadernya menjadi cawagub. PKB menginginkan sosok Syaiful Huda, PPP mendorong Uu Ruzhanul Ulum, dan Golkar menyodorkan Daniel Mutaqien. Hanya NasDem yang tidak menyodorkan kadernya untuk jadi cawagub.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3983 seconds (0.1#10.140)