Khofifah-Emil Dardak Resmi Didukung Partai Hanura

Minggu, 03 Desember 2017 - 16:07 WIB
Khofifah-Emil Dardak Resmi Didukung Partai Hanura
Khofifah-Emil Dardak Resmi Didukung Partai Hanura
A A A
SURABAYA - Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak hari ini resmi menerima dukungan dari Partai Hanura untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Dalam acara yang digelar di Whyndam Hotel Surabaya, Minggu (3/12/2017), Khofifah memberikan apresiasi tinggi pada kedewasaan berpolitik para kader Partai Hanura. Sebab, Partai Hanura Jatim sebelumnya sempat melakukan penjaringan calon dan akhirnya memutuskan Ketua Hanura Jatim Kelana Aprilianto sebagai calon wakil gubernur Jatim yang diusung pada Pilgub Jatim 2018.

Khofifah menilai kondisi ini sebagai keputusan politik tegak lurus yang mahal nilainya. "Jadi, meskipun Partai Hanura sudah memiliki cawagub yang diputuskan dalam rakerda dan rapimda, tapi tetap mendukung Mas Emil sebagai cawagub yang akan diusung dalam Pilgub 2018 nanti," ujar Khofifah ketika menerima surat resmi keputusan dukungan Partai Hanura.

Hanura, lanjut Khofifah, diyakini bisa fokus menggerakkan mesin partai dalam dukungan Pilgub Jatim. Politik kebangsaan tegak lurus di tubuh Hanura menjadi kunci yang dilihat oleh Khofifah. Sehingga, keputusan pimpinan partai akan ditaati oleh seluruh kader partai sampai di tingkat akar rumput. "Dalam situasi saat ini saya melihat Pak Kelana berada dalam posisi sebagai negarawan," ujarnya.

Emil Dardak memberikan ucapan terima kasih pada Hanura yang mau mendukungnya bersama Khofifah untuk maju dalam pertarungan politik di Jatim. "Ini langkah bagus, mari berjuang bersama kembali dalam satu barisan," kata suami Arumi Bachsin ini.

Sementara itu, Ketua Partai Hanura Jatim Kelana Aprilianto menuturkan, dirinya tetap melihat kemajuan yang luar biasa pada Hanura dengan memberikan dukungan resmi pada Khofifah-Emil. Meskipun partainya batal mengusung dirinya sebagai cawagub Jatim, ia tak terlalu merisaukannya. Sebab, sebagai kader partai dirinya mengaku tetap akan tunduk dan patuh kepada keputusan DPP Partai Hanura.

Keputusan yang diambil DPP, katanya, menjadi langkah yang baik untuk kemajuan di Jatim. "Kami bersama ketua DPC Partai Hanura se-Jatim siap memenangkan Khofifah-Emil pada Pilkada Jatim nanti. Semua kader di tingkat bawah pun akan ikut membantu dalam memenangkan Khofifah-Emil," ujarnya.

Partai Hanura menjadi partai ketiga yang menyatakan dukungan Pilgub Jatim kepada Khofifah-Emil. Sebelumnya, Partai Demokrat dan Golkar menyerahkan SK dukungan resmi. Sementara, Partai Nasdem dan PPP tinggal menunggu waktu yang tepat untuk bisa memberikan dukungan serupa.

Di pihak lain, pesaing Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim yakni Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas sudah resmi didukung PKB-PDIP. Ada tiga partai yang belum menentukan sikap, yakni Partai Gerindra, PAN, dan PKS. Ketiga partai itu sampai saat ini masih menggodok nama untuk membentuk poros baru, atau opsi lain memberikan dukungan ke Khofifah-Emil Dardak atau Gus Ipul-Anas.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6551 seconds (0.1#10.140)