Siklon Dahlia di Selatan Pacitan, Gus Ipul Minta Nelayan Waspada

Minggu, 03 Desember 2017 - 09:26 WIB
Siklon Dahlia di Selatan Pacitan, Gus Ipul Minta Nelayan Waspada
Siklon Dahlia di Selatan Pacitan, Gus Ipul Minta Nelayan Waspada
A A A
SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang yang muncul akibat Siklon tropis Dahlia.

Menurut orang nomor dua di Jatim itu, informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda menunjukkan Siklon tropis Dahlia yang awalnya terbentuk di sekitar Sumatera saat ini berada di dekat perairan Jatim. "Data dari BMKG pada pukul 01.00 WIB dini hari tadi posisi Siklon Tropis Dahlia berada di sekitar 11.5 lintang selatan dan 111,8 bujur timur atau sekitar 388 km sebelah selatan Pacitan," kata Saifullah Yusuf, Minggu (3/12/2017).

Beruntung Siklon ini terus bergerak menjauhi Pacitan ke arah selatan dan tenggara dengan kecepatan 4 knots (8 km/jam). Di sekitar Siklon kekuatan angin terpantau mencapai 35 knots atau mencapai 65 km/jam.

Dengan kecepatan pergerakan Siklon, diperkirakan selama 24 jam atau pada Senin 4 Desember 2017, Siklon Dahlia akan semakin menjauhi Pacitan dengan jarak 760 KM sebelah selatan Pacitan atau berada di titik 15,1 lintang selatan dan 111,0 bujur timur.

Sementara itu, meski semakin menjauh, namun dampak Siklon Dahlia akan menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur sebagian besar Jatim. Di sebagian wilayah Jawa Timur bagian barat juga berpotensi muncul angin kencang dengan kekuatan 20 knots.

Begitu juga gelombang laut dengan ketinggian 2.5 - 4.0 meter juga akan muncul di perairan selatan Jawa Timur. Di beberapa daerah, gelombang diperkirakan juga akan mencapai 4.0-6.0 meter.

"Masyarakat terutama nelayan harus waspada," kata Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1116 seconds (0.1#10.140)