PVMBG: Dampak Abu Vulkanik Membuat Tanaman Langsung Hangus

Sabtu, 02 Desember 2017 - 19:53 WIB
PVMBG: Dampak Abu Vulkanik Membuat Tanaman Langsung Hangus
PVMBG: Dampak Abu Vulkanik Membuat Tanaman Langsung Hangus
A A A
KARANGASEM - Erupsi Gunung Agung masih terus terjadi, sehingga wilayah Kabupaten Karangasem mengalami hujan abu. Dampaknya banyak tanaman yang mulai mati akibat terkena abu vulkanik.

Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Devy Kamil Syahbana mengatakan, dampak abu vulkanik ada dua macam. Dampak jangka pendek yaitu semua tanaman mati perlahan-lahan bahkan bisa hangus. Sedangkan jangka panjang tanah yang kena abu vulkanik akan subur.

"Material abu ini dampaknya dalam jangka pendek ya dapat bisa merusak tanaman bahkan bisa menghanguskan bila dalam jarak relatif dekat dengan kawah,"ungkapnya di Karangasem, Sabtu (2/12/2017).

Selain itu merusak lahan pertanian, abu vulkanik dapat mengganggu pernapasan bila terhirup manusia. Abu vulkanik ini dalam pertikelnya bersifat korusif dan bahaya untuk kulit mata dan sistem pernapasan. "Ketika ada abu vulkanik kami harapkan masyarakat dapat selalu membawa masker, kacamata, dan berpakaian panjang," katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6400 seconds (0.1#10.140)