Diterjang Banjir, Jembatan Penghubung Wini Sakato-Timor Leste Putus

Sabtu, 02 Desember 2017 - 11:05 WIB
Diterjang Banjir, Jembatan Penghubung Wini Sakato-Timor Leste Putus
Diterjang Banjir, Jembatan Penghubung Wini Sakato-Timor Leste Putus
A A A
KEFAMENANU - Jembatan Oemanu di Desa Oemanu, Kecamatan Biboki Anleu, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT) tergerus banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejak Jumat 1 November 2017 sampai Sabtu (2/12/2017). Saat ini jembatan tidak bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat karena salah satu sisi jembatan bagian barat jebol sekitar 5 meter persegi.

Para pengendara terpaksa harus mencari jalan alternatif lain melewati bagian samping jembatan kemudian melintasi sungai jika kondisi banjir hanya setinggi lutut orang dewasa. "Tadi pagi mau ke Atambua lewat Jembatan Oemanu tapi karena putus sehingga kami lewat jalan lain ikut samping bagian bawah jembatan," tutur Maksimus Aki, warga Wini.

Jembatan ini sebelumnya pada 2016 juga mengalami kerusakan yang sama, namun belum adanya proses perbaikan sehingga sejumlah pemilik kendaraan dump truk di desa itu berinisiatif menguruk sisi jembatan yang tergerus. Namun, rusak kembali karena tidak didukung dengan pembuatan tembok penahan.

Untuk menghindari adanya korban jiwa, Kepolisian Sektor Biboki Anleu dan Babinsa Koramil Ponu memasang garis polisi pada jalan yang mengalami kerusakan agar masyarakat tidak melintasi jembatan itu. Jembatan ini menghubungan wilayah antar desa dan antar kecamatan bahkan sering digunakan sebagai jalur penghubung Internasional antar warga Timor Leste dari Pintu perlintasan Motaain ke Pintu Perlintasan Wini Sakato menuju Distrik Oekusi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5836 seconds (0.1#10.140)