Surat Al-Kahfi untuk Doa Apa? Simak Penjelasannya

Senin, 27 November 2023 - 19:21 WIB
loading...
Surat Al-Kahfi untuk Doa Apa? Simak Penjelasannya
Surat Al-Kahfi memiliki manfaat besar bagi yang istiqamah membaca dan mentadabburinya. Foto/ist
A A A
Salah satu surat yang memiliki keutamaan dalam Al-Qur'an adalah Al-Kahfi. Surat ke-18 ini terletak pada juz 15 terdiri dari 110 ayat, termasuk kategori Surat Makkiyah (diturunkan di Mekkah).

Selain Surat Yasin, terdapat surah lain yang dianjurkan dibaca setiap hari Jumat atau malamnya, yakni Surat Al-Kahfi. Lantas, Surat Al-Kahfi untuk doa apa?

Berikut Keutamaan Surat Al-Kahfi dan Manfaatnya
Surat Al-Kahfi memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Surat ini diyakini memiliki manfaat besar bagi yang istiqamah membaca dan mentadabburinya. Di antara fadhilahnya adalah sebagai perlindungan dari fitnah Dajjal, peningkatan rezeki, dan mendatangkan cahaya di antara dua Jumat.

Selain itu, Surat Al-Kahfi juga mengandung pelajaran moral yang berharga, mengisahkan kisah-kisah tentang keimanan, kesabaran, dan tawakal kepada Allah. Ibnu Umar mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Orang yang membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat akan mendapat cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga ke langit, memberikan sinar baginya di hari kiamat, dan diampuni semua dosanya di antara dua hari Jumat."

Selain itu juga disebutkan bahwa orang yang rutin membaca Surat Al-Kahfi akan memperoleh cahaya yang terpancar hingga hari Jumat berikutnya.

Surat Al-Kahfi juga akan membantu umat Islam dalam menghadapi hari Kiamat. Ia akan menjadi cahaya yang menerangi kita nantinya.Dari Abu Hasyim bahwa Nabi ﷺ pernah bersabda:

‎مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ كما أنزلت كانت لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka Surat Al-Kahfi akan menjadi cahaya baginya kelak di hari Kiamat."

Selain itu, membaca Al-Kahfi di hari Jumat juga bisa memberi manfaat untuk menghindarkan kita dari fitnah Dajjal.

" مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَهُوَ مَعْصُومٌ إِلَى ثَمَانِيَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ فِتْنَةٍ، وَإِنْ خَرَجَ الدَّجَّالُ عُصِمَ مِنْهُ "

Artinya: "Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah; dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya."

Sehingga penting bagi umat Islam dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi. Dianjurkan menghafal 10 ayat pertama atau 10 ayat terakhir surat tersebut agar selamat dari zaman yang penuh fitnah.

Demikian ulasan manfaat dan keutamaan dari Surat Al-Kahfi. Semoga dapat memberikan manfaat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)