Bakauheni Ditutup, Ratusan Kendaraan Gagal Masuk Jawa

Kamis, 30 April 2020 - 13:44 WIB
loading...
Bakauheni Ditutup, Ratusan Kendaraan Gagal Masuk Jawa
Bus pariwisata yang akan masuk ke Pelabuhan Bakauheni dipaksa putar balik oleh aparat kepolisian. FOTO/INews TV/Heri Fulistiawan
A A A
LAMPUNG SELATAN - Ratusan kendaraan pribadi dan sepeda motor terpaksa harus berputar balik lantaran diblokir penjualan tiketnya di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Pemblokiran penjualan tiket di Pelabuhan Bakauheni ini sudah diberlakukan sejak 29 April hingga 31 Mei 2020. PT ASDP sebagai pengelola hanya melayani penyeberangan angkutan logistik. Ketentuan serupa berlaku di Pelabuhan Merak, Banten.

Pengecualian juga diberikan kepada kendaraan aparat TNI dan Polri, serta ambulans. Penutupan ini mengacu Permenhub 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Mudik Idul Fitri 1.441 Hijriah.

Penyekatan kendaraan dilakukan sebelum memasuki gerbang Pelabuhan Bakauheni. Terlihat bus, travel, mobil pribadi, dan sepeda motor diputar balik oleh anggota Polri dan TNI. Selain kendaraan pribadi, puluhan kendaraan bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan travel antarpulau tidak bisa menyeberang.

Sejumlah kendaraan pribadi dan pengangkut penumpang akhirnya memilih memarkirkan kendaraan di rumah makan yang ada di Bakauheni. (BACA JUGA: Jelang Penutupan, 177.785 Jamaah Reguler dan 12.720 Khusus Lunasi Biaya Haji)

General Manager ASDP Indonesia Ferry Bakauheni Solikin mengatakan, pemberhentian pelayanan penumpang dan kendaraan penumpang ini sudah sesuai arahan Badan Pengelola Transportasi Darat. “ASDP hanya mengikuti aturan Permenhub 25 tahun 2020 untuk mengendalikan penyebaran COVID-19,” tandasnya.

ASDP, lanjutnya, juga sudah menghentikan sementara pelayanan tiket online bagi penumpang pejalan kaki, kendaraan golongan I,II,III,IV, V, dan VI. “Untuk pengguna jasa yang sudah terlanjur membeli tiket secara online dapat dikembalikan penuh 100% dalam waktu 14 hari. Proses pengembalian melalui situs ferizy.com atau menghubungi loket ASDP,” paparnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)