Viral! Pencurian Saat Penjaga Toko Tertidur Mendunia

Senin, 27 November 2017 - 16:10 WIB
Viral! Pencurian Saat Penjaga Toko Tertidur Mendunia
Viral! Pencurian Saat Penjaga Toko Tertidur Mendunia
A A A
BUKIT TINGGI - Aksi pencurian saat penjaga toko tertidur yang terjadi di Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat viral dan mendunia. Sejumlah media asing ternama seperti Daily Mail Inggris, New York Post Amerika hingga Nine News Australia pun memberitakan aksi pencurian yang terekam kamera CCTV ini.
Viral! Pencurian Saat Penjaga Toko Tertidur Mendunia

Penjaga toko sekaligus korban pencurian mengaku, peristiwa pencurian saat penjaga toko tertidur diduga dialami oleh banyak orang di dunia. Sehingga video peristiwa kriminal yang menimpa dirinya pun jadi mendunia.

Aksi pencurian ini terjadi di Toko Adil Mart 24 jam di Jalan Pemuda, Kota Bukit Tinggi sekitar pukul 4.30 WIB, Rabu, 1 November 2017. Dari rekaman kamera CCTV, seorang pria dengan wajah ditutupi helm warna merah muda (pink)/ masuk ke dalam toko yang sedang dijaga oleh Eriyus (53), pemilik toko yang akrab disapa Inyiak Eri. Saat itu Eriyus tengah tertidur di meja kasir.

Setelah memastikan penjaga toko tidur nyenyak, pelaku mengambil uang yang ada di atas meja dan mencoba mengambil kotak uang. Aksi pelaku terhenti saat kotak uang jatuh dari tangannya. Inyiak Eri yang kaget mendengar suara kotak uang yang jatuh langsung terbangun lalu mengambil parang dan mencoba mengejar pelaku.

Saat ditemui di tokonya pada Minggu (27/11/ 2017) Eri menceritakan, hari itu ia sangat kelelahan hingga tak sadar tertidur sewaktu menjaga took. Dia baru terbangun karena mendengar kotak uang jatuh.

Saat mengejar pelaku, Eri mengaku masih belum sepenuhnya sadar. Kejadian yang baru dialaminya dirasakan seperti antara mimpi dan kenyataan.

“Mungkin karena pengaruh hujan dan kelelahan siang kerja malam jualan, maling yang datang itu berencana ambil uang dalam laci waktu lihat saya tertidur. Tapi karena uang saya uang halal saat maling menarik laci penyimpanan uang jatuh dan saya langsung terbangun, malingnya kaget langsung lari,” kata Eriyus, pemilik toko Adil Mart itu.

Menurut Eri, pelaku kabur dengan sepeda motornya ke arah perempatan simpang Tembok menuju Kampung Cina. Meski gagal mengambil kotak uang, namun pelaku berhasil membawa kabur uang Rp100.000.

Sementara Nurdin, salah seorang pelanggan Toko Adil Mart menyebutkan, Inyiak Eri memang kerap ditemui tengah tertidur saat menjaga toko.

“Inyiak memang sering tertidur, siang pernah sekali lihat dia tidur pas jaga toko, tapi waktu itu ada anak buahnya, dia tidur di kasir,” kata Nurdin, pelanggan Adil Mart.
Viral! Pencurian Saat Penjaga Toko Tertidur Mendunia

Aksi pencurian di Bukit Tinggi ini menjadi viral. Pada laman facebook Daily Mail, dalam sepekan sejak diposting pada 14 november 2017/ cuplikan rekaman CCTV ini telah ditonton mencapai 6 juta tayangan dan 8.000 kali dibagikan.

Liputan yang sebelumnnya ditayangkan oleh iNews tv group, RCTI dan Global Tv dan dimuat di Sindonews.com pada 6 november 2017 dijadikan media asing sebagai referensi data berita.

Menurut Eri, kejadian serupa diduga juga dialami oleh banyak orang di dunia. Penjaga toko yang tertidur diduga membuat pengunjung yang awalnya berniat belanja berubah pikiran dan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mencuri.

Eriyus yang sehari-hari bekerja sebagai wali nagari (setingkat kepala desa) Sungai Landia/ Kabupaten agam berharap dengan viralnya aksi kriminal yang terjadi di tokonya dapat dijadikan sebagai pengalaman berharga bagi dirinya pribadi dan pelajaran bagi semua pihak.
Viral! Pencurian Saat Penjaga Toko Tertidur Mendunia
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6006 seconds (0.1#10.140)