PT SOL Wujudkan LPJU Terangi Desa dan Peduli Pendidikan

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 15:04 WIB
loading...
PT SOL Wujudkan LPJU Terangi Desa dan Peduli Pendidikan
PT SOL bangun LPUJ terangi desa dan dorong masyarakat usia produktif kejar paket B dan paket C. Foto/SINDOnews/Robert Fer
A A A
TAPANULI UTARA - PT Sarulla Operations Limited (SOL) perusahaan yang bergerak menangani pembangkit listrik tenaga panas bumi Sarulla di Kecamatan Pahae, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut, memasang lampu penerangan jalan umum (LPJU) di beberapa desa di 2 Kecamatan, yakni Kecamatan Pahae Jae dan Kecamatan Pahae Julu.

Humas eksternal PT SOL Industan Sitompul menerangkan, keberadaan LPJU tentu akan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat atau siapapun yang akan melewati jalan-jalan tertentu pada malam hari.

"Pemasangan lampu jalan, dirasa sangat penting untuk membantu penerangan jalan yang memadai di Desa. PT SOL mewujudkan keinginan masyarakat memasang LPJU, yang sudah sering disampaikan pada pertemuan bulanan yang dilakukan oleh SOL di Desa (Village Monthly Meeting)," terangnya, Jumat (7/8/2020).

Dia menjelaskan, dalam rencana kerja CSR PT SOL tahun 2020 ini, telah ditetapkan bahwa instalasi LPJU menjadi salah satu target kegiatan yang dilakukan.

Diskusi dan konsultasi telah dilakukan bersama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim).

"Survei bersama sudah kita lakukan dengan pihak Dinas Perkim. Dan pihak PT SOL bersama dengan Kepala Desa terkait untuk menentukan lokasi titik pemasangan LPJU," tuturnya.

Juni 2020 lalu, kata Industan Sitompul, instalasi 20 unit LPJU dan perbaikan 4 unit sudah selesai dilakukan di 7 Desa terdampak operasional proyek PT SOL, yakni di Desa Silangkitang, Desa Sigurung-gurung, Desa Pardamean Nainggolan dan Desa Pardomuan Nainggolan Kecamatan Pahae Jae.

Kemudian, harap Industan Sitompul, di Desa Simataniari, Desa Lumban Jaean dan Desa Sibaganding di Kecamatan Pahae Julu.

PT SOL berharap LPJU yang sudah terpasang dan diperbaiki, agar dipelihara serta dirawat dengan baik. Alhasil, pemanfaatannya dapat maksimal dan bertahan lama.

PT SOL, sebut dia, kembali melaksanakan program kejar paket B atau setara SMP dan paket C setara SMA sederajat untuk periode 2020-2021 secara gratis kepada 30 orang masyarakat usia produktif di beberapa Desa yang berada di Kecamatan Pahae Julu dan Kecamatan Pahae Jae.
Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 dan 18 orang masyarakat mengikuti kejar paket C.

Pihak SOL, kata Industan Sitompul, bekerjasama dengan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Pioneer Tarutung Taput, sebagai penyelenggara ujian kesetaraan yang dimaksud. (Baca juga: Kakek Residivis Pengedar Ganja di Medan Kembali Dibekuk Polisi)

PKBM Pioneer itu adalah lembaga satusatunya yang telah memiliki akreditas B di wilayah Taput. (Baca juga: Edarkan Sabu ke Nelayan, Bandar Kelas Receh Dicokok Polres Belawan)

“Pada Kamis 30 Juli 2020, pihak SOL bersama dengan 30 peserta dan orangtua serta didampingi oleh Kepala Desa masing-masing telah melakukan pertemuan awal dan briefing perihal program. Guna mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi, maka pertemuan inipun dilakukan di masing-masing wilayah,” pungkasnya.
(boy)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3813 seconds (11.252#12.26)