BBM Satu Harga Sudah Dinikmati Warga Tambrauw Papua Barat

Jum'at, 24 November 2017 - 22:26 WIB
BBM Satu Harga Sudah Dinikmati Warga Tambrauw Papua Barat
BBM Satu Harga Sudah Dinikmati Warga Tambrauw Papua Barat
A A A
TAMBRAUW - Kini, warga Tambrauw, Papua, dapat menikmati BBM premium seharga Rp6.450 per liter dan solar seharga Rp5.150 per liter. Hal ini menyusul kebijakan Pemerintahan Jokowi-JK yang membuat program BBM Satu Harga di seluruh nusantara.

Harga bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Tambrauw selama ini mencapai Rp20.000 per liter. BBM Satu Harga di Tambrauw dapat dinikmati mulai Jumat (24/11/2017) dengan diresmikannya SPBU Kompak yang melayani program BBM Satu Harga, di Kecamatan Suasapor oleh Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa.

Momen penting bagi warga Tanah Papua itu juga disaksikan Direktur Pengawasan Hilir Migas, Harya Adityawarman, Wakil Bupati Tambrauw Mesak Matusalak Yekwam dan General Manager Marketing Operation Region VIII Maluku Papua PT Pertamina Made Adi Putra.

BBM SaHu harga dicanangkan Pemerintah untuk mengupayakan pemerataan biaya di seluruh Indonesia dan sebagai salah satu implementasi Instruksi Presiden serta merealisasikan Peraturan Menteri ESDM No 36 Tahun 2016, perihal percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) & Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) secara nasional sejak 1 Januari 2017.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengatakan, pembangunan SPBU di wilayah 3T (terdepan, terjauh dan terluar) bukan merupakan hal mudah mengingat geografis dan ongkos angkut yang tinggi sehingga perlu diperhatikan.

"Sebagaimana harapan Presiden Joko Widodo, harus ada rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Fanshurullah juga menegaskan bahwa harga BBM seperti di Jawa harus bisa dirasakan di seluruh wilatah Papua. "Untuk itu perlu ada pengawasan dari pemerintah daerah dan aparat agar penyaluran BBM Satu Harga ini tepat sasaran," imbuhnya.

Sementara itu, General Manager Marketing Operation Region VIII Maluku Papua PT Pertamina Made Adi Putra mengatakan, SPBU Kompak ini merupakan bagian dari Program BBM Satu Harga untuk seluruh Indonesia.

"Saat ini secara nasional Pertamina sudah merealisasikan 29 titik lembaga penyalur BBM di wilayah 3T di seluruh Indonesia," kata Made.

Sampai Akhir November 2017, sambungnya, untuk wilayah Papua dan Papua Barat, Pertamina sudah merealisasikan 13 dari target 16 lokasi BBM Satu Harga sampai tahun 2017 sebagaimana ditugaskan pemerintah.

"SPBU Kompak di Tambrauw terletak di daerah yang sulit diakses. Untuk menyuplai SPBU tersebut, Pertamina mengirim BBM dari terminal BBM Sorong dengan menempuh medan perjalanan yang sebagian masih berupa tanah. Kondisi ini membuat pengiriman BBM menggunakan truk kapasitas kecil 2,5 KL dan dibutuhkan beberapa kali ritase," jelas Made.

Pada kesempatan sama, Wakil Bupati Tambrauw Mesak Matusalak Yekwam mengapresiasi program BBM Satu Harga yang dilaksanakan oleh BPH Migas dan Pertamina di Kecamatan Sausapor Kabupaten Tambrauw itu.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5724 seconds (0.1#10.140)