Salat Istikharah, Pengasuh Pesantren Ini Dukung Ganjar-Mahfud di Pemilu 2024

Jum'at, 24 November 2023 - 18:48 WIB
loading...
Salat Istikharah, Pengasuh Pesantren Ini Dukung Ganjar-Mahfud di Pemilu 2024
Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid) bersilaturahmi di Pondok Pesantren Nurul Qarnain, Jember Jawa Timur, Rabu (22/11/2023) malam. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kembali menerima dukungan dari kalangan pesantren.

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qarnain, KH Yazid Karimullah secara bulat menyatakan dukungan kepada tokoh nasional Mahfud Md, sebagai cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024.

Pernyataan ini disampaikan oleh KH Yazid Karimullah saat menerima kunjungan Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Zannubah Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid di Pondok Pesantren Nurul Qarnain, Jember, Jawa Timur.



Menurut KH Yazid, dukungannya terhadap Mahfud Md bukanlah tanpa alasan. Pada 30 Mei 2023, Mahfud Md mengutus sekretarisnya, Lamam, untuk meminta tolong kepada KH Yazid agar melakukan istikharah terkait kemungkinan maju sebagai cawapres.

"Meminta tolong kepada saya untuk salat istikharah, kalau umpama maju (cawapres) kira-kira bagaimana? Jadi tidak serta merta, menjadi calon. Jadi masih tanya kepada Allah, minta petunjuk kepada Allah," kata pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qarnain itu.

Setelah melakukan istikharah, beberapa hari kemudian, KH Yazid memberikan jawaban bahwa Mahfud Md cocok dengan capres tertentu, yang kemudian dilaporkan kepada utusan Mahfud. "Jadi bukan seenaknya kita mendukung. Jadi, saya paling tidak minta petunjuk," ujar Kiai Yazid.

Meskipun Mahfud Md telah datang ke Pondok Pesantren Nurul Qarnain pada 24 Oktober 2023, tapi dalam silaturahim tersebut tidak ada pembicaraan tentang politik. Kiai Yazid menyatakan Mahfud Md tidak pernah membicarakan politik ketika berkunjung ke pesantren tersebut.



"Beliau (Mahfud Md) ketika itu datang ke Pondok Nurul Qarnain tapi beliau itu justru sama sekali tidak membicarakan tentang politik, sekalimat pun nggak ada. Dengan saya nggak pernah berbicara politik pada saat datang ke sini," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3563 seconds (0.1#10.140)